TINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI MUSREMBANG

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (14/02 ) Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Raihat adalah Forum musyawarah Tahunan para pemangku kepentingan / stakeholder ditingkat kecamatan untuk mendapat masukan mengenai kegiatan prioritas pembanguan diwilayah kecamatan.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang duduk

Camat Raihat – Arther H. Rinmalae, SP mengatakan, Musrembang Tingkat Kecamatan Raihat ini dilakukan setelah didahului dengan Pra Musrembang, dimana pada Pra Musrembang tersebut, menghasilkan 29 usulan prioritas dari Enam Desa yang ada di Kecamatan Raihat, tetapi untuk selanjutnya hanya mengakomodir sepuluh usulan prioritas.

Camat menambahkan, Musrembang Tingkat Kecamatan ini dimaksudkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang ditunjang dengan infrastruktur, SDM dan lingkungan hidup yang diwujutkan dalam sepuluh prioritas Kecamatan Raihat.

Camat berharap, agar dinas terkait bisa menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Kecamatan Raihat dalam rencana kerja dinas pada tahun 2021.

Kepala Desa Toheleten – Wilhelmus Bau mengatakan, usulan Desa Toheleten yang masuk dalam sepuluh usulan prioritas yakni Pembangunan Jaringan perpipaan air bersih maksimal 2 Dim – dari sumber air Mauhalek ke Desa Toheleten, Raifatus, Asumanu dan Aitoun. Disamping itu, air bersih juga masuk dalam sepuluh besar Desa Toheleten.

Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang duduk

Kades menambahkan, pihaknya juga mengusulkan pembangunan air tanah atau sumur bor, tetapi tidak masuk dalam sepuluh usulan prioritas untuk Kecamatan Raihat. Karena itu, pembangunan air tanah atau sumur bor ini akan menggunakan Dana Desa Toheleten tahun 2020.

Kades Berharap, dengan adanya Musrembang, Kebutuhasn air bersih yang menjadi pokok utama bisa direalisasi sehingga bisa menjawab kebutuhan air bersih untuk masyarakat.

Sepuluh usulan prioritas Kecamatan Raihat sebagai Berikut: 1. Bantuan peralatan dan modal serta Pelatihan Reparasi Alat Pertanian (ALSINTAN) 2. Bantuan Peralatan dan Modal serta
Pelatihan Pencelupan Benang (Tenun Ikat) 3. Pembangunan Jalan Usaha Tani k
Katarfua Kampung 12 dan Derok – Raikotan 4. Pengembangan Pasar Rakyat Tipe D Sikutren Desa Tohe. 5. Peningkatan Kualitas Rumah (Rehab Berat) Pola swadaya. 6. Pembangunan Jaringan Perpipaan Air Bersih maksimal 2 Dim – Mauhalek – Toheleten , Raifatus, Asumanu dan Aitoun 4 Km, 7. Peningkatran Jalan – SMPN 2 Tastim Pos Pamtas $ Km. 8. Pembiayaan Jamkesda. 9. Pembangunan Sarana dan Prasarana Olahraga – Lapangan Kecamatan Raihat Desa Tohe. 10. Pembangunan Pagar Keliling Sekolah SD Wesoer, SMP Negeri 2 Tastim.

Foto/Berita: Anna Ukat, Sipri Luma & Wilson Bau

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.