5 AGENDA PEMBANGUNAN MENJADI FOKUS UTAMA MUSRENBANG KAB.BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa (02/04), Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Belu Tahun 2019 di Gedung Wanita Betelalenok Atambua.

Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH dalam sambutannya mengungkapkan Musrenbag tingkat Kabupaten Belu dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Belu sesuai dengan UU Nomor 25 Tahun 2014 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional musrenbang kabupaten, untuk itu forum ini sangat penting dilaksanakan untuk merumuskan dan menyelaraskan aspirasi–aspirasi masyarakat sebagai acuan dalam menyusun RKPD Kabupaten Tahun 2020 serta usaha program kegiatan yang akan dibiayai dari APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten Belu serta APBN.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk dan teks

Lanjut Bupati Belu, pembangunan Kabupaten Belu mengacu pada lima agenda pembangunan yaitu meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan, pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan pengembangan pariwisata, percepatan pembangunan infrastruktur berbasis tata ruang dan lingkungan hidup serta meningkatkan kinerja birokrasi dan pelayanan publik.
Selain itu pembangunan yang ingin diwujudkan yakni dengan meningkatkan produksi dan produktivitas padi sawah, jagung, populasi ternak sapi serta penyediaan air bersih dan air irigasi.

Ketua DPRD Kabupaten Belu, Januaria Awalde Berek mengatakan, Musrenbang Kabupaten ini dilaksanakan untuk mensingkronkan bersama sesuai dengan pasal 68 ayat 5 DPRD Kabupaten Belu tentang reses anggota DPR baik itu perorangan maupun kelompok bersama dengan kemitraan dalam menjawab seluruh kebutuhan pembangunan infrastuktur yang memadai dan berkualitas, hal ini dilakukan guna mempercepat proses pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri dan bunga

‘’Selain itu infrastuktur dewan juga menyampaikan pikiran–pikiran terkait peningkatan produktivitas pertanian dan produktivitas penggembangan potensi–potensi daerah pada sektor industri kecil dan menengah.perdagangan serta pariwisata dalam rangka kedaulatan pangan dan energi pada masing–masing sector,’’ ungkap Ketua DPRD Kabupaten Belu.

Lanjut Ketua DPRD, pokok–pokok pikiran DPRD dihimpun dari seluruh daerah pemilihan di Kabupaten Belu, kami berharap agar seluruh pokok pikiran dapat disinkronkan dengan bermuara untuk pelayanan program kegiatan baik itu dibidang pembangunan juga dibidang ketrampilan dengan mengadakan pelatihan–pelatihan bagi masyarakat sehingga memiliki keterampilan dan keahlian dibidangnya masing–masing. Dengan memiliki skill diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, janggut dan dalam ruangan

Pemateri pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Belu Tahun 2019 yakni pejabat yang mewakili Kepala Bappelitbang Prov. NTT, Melkianus Kebos,SSTP,MT dan Perwakilan Uskup Atambua,Vikjen Keuskupan Pater Vincensius Wun SVD.

Gambar mungkin berisi: 6 orang  Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang duduk

Turut hadir dalam Musrenbang Kabupaten tersebut, Wakil Bupati Belu, Drs. J. T. Ose Luan, Sekda Belu Drs. Petrus Bere, Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, S.I.K, M.Si, Dandim 1605 Belu, Letkol Inf. Ary Dwi Nugroho, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH, Mayor Inf.Joni Eko Prasetyo S.I.P, Wadanyon 744/SYB, Mayor Inf.Robert benget Herdian Panjaitan, pimpinan OPD, para Camat dan Lurah.

Foto/Berita: Asih Mukti & Erwin Dacosta

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.