Wakil Bupati Belu pimpin rapat terkait bencana ”Angin Puting Beliung”

Facebookrssyoutube

 

Drs. J. T. Ose Luan

Wakil Bupati Kabupaten Belu

 

Pemerintah kabupaten Belu melakukan rapat khusus sebagai respon atas bencana angin puting beliung yang terjadi pada hari Senin tanggal 29  Januari 2018, di kecamatan Lamaknen dan kecamatan Lamaknen selatan.

Rapat pembahasan dipimpin wakil Bupati Belu Drs. J. T Ose Luan berlangsung diruang kerjanya pada hari Senin 5 Februari pukul 08.30 waktu setempat diikuti para pimpinan OPD maupun pejabat teknis terkait.

Dalam rapat tersebut disepakati adanya bantuan yang akan disalurkan kepada masyarakat korban bencana berupa obat-obatan, bahan makanan maupun bahan bangunan untuk merenovasi tempat tinggal ataupun bangunan pemerintah yang terkena dampak dari bencana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Belu Alfons Kehi, SIP menggambarkan bahwa sejauh ini belum ada peralatan khusus untuk mendeteksi bencana angin puting beliung, sehingga lanjutnya upaya pencegahan maupun antisipasi tidak dapat dilakukan; paparnya.

Untuk merespon hal tersebut Wakil Bupati Belu Drs. J. T Ose Luan meminta agar para pimpinan OPD teknis segera mencari solusi terutama tanaman lain, yang dapat dijadikan tanaman produksi dan juga bisa digunakan sebagai tanaman penangkal bencana tersebut; imbuhnya.

Wakil Bupati Drs. J. T Ose Luan juga memaparkan bahwa kerusakan tanaman jagung yang hampir mencapai 75% tersebut diprediksi dapat mengakibatkan masyarakat di kedua kecamatan tersebut menderita gagal panen musim ini ujar mantan Kakan Sospol Kabupaten Belu era 1990-an tersebut.  Oleh karena itu, beliau juga menghimbau kepada masyarkat agar dalam waktu dekat ini segera membudidayakan tanaman alternatif berupa kacang hijau dan kacang merah sebagai tanaman pengganti jagung yang rusak akibat bencana tersebut. Sedangkan untuk jangka panjang, tanaman produksi dan penangkal bencana disepakati dalam rapat yaitu bawang dan bambu. (FRB, Redaksi)

Facebookmail

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com