TRANSPORTASI

Transportasi / Transportation

Sektor ini terdiri dari transportasi darat, udara dan !aut. Sarana transportasi darat lebih dominan daripada transportasi laut dan udara, balk yang menghubungkan antar kabupaten maupun antar negara. Trasnportasi darat menghubungkan Kabupaten Belu dan negara tetangga RDTL melalui angkutan travel (mini bus) yang melayani rute ini setiap hari dengan jadwal berbeda tiap agen travel namun hanya melayani pada siang hari sampai pukul 15.00 WITA karena pintu perbatasan akan ditutup setelah itu. Angkutan yang melayani rute antar kabupaten juga sangat mudah diakses. Berikut data sarana angkutan darat yang ada di Kabupaten Belu pada Tabel di bawah ini:

SARANA ANGKUTAN DARAT DI KABUPATEN BELU TAHUN 2014

NO JENIS JUMLAH
1 Sepeda Motor 49,541
2 Jeep 474
3 Sedan 61
4 Bis 69
5 Bis Mini 112
6 Combi
7 Double Cabin 12
8 Truck 61
9 Pick Up 500
10 Light Truck 290
11 Tanki 76
12 Tracktor 8
13 Ambulance 15
14 Station wagon 9
Total Keseluruhan 51,228

Sumber: Dinas Perhubungan, Komunikasi & Informatika Kab. Belu Tahun 2014

Kabupaten Belu memiliki prasarana perhubungan udara yaitu Bandar Udara A.A. Bere Tallo yang terletak di Haliwen, Kelurahan Manumutin dengan jarak sekitar 3 km dari pusat kota Atambua. Pengembangan fasilitas penunjang pelabuhan udara seperti landasan pacu, hanggar dan area sekitar bandara terus dilakukan. Saat ini sudah ada 2 (dual jenis pesawat yang melayani rute Kupang ­Atambua — Kupang yaitu Susi Air yang telah lama beroperasi dan mulai bulan Desember tahun 2014, Wings Air juga akan beroprerasi dengan rute yang sama. Langkah Ini dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan ledakan penduduk yang melonjak pesat, balk penumpang dari Kabupaten Belu dan TTU, tetapi kemajuan ini juga menyasar penumpang dari Negara tetangga RDTL.

Pelabuhan laut Atapupu merupakan pelabuhan utama di Kabupaten Daerah Belu yang terletak di Atapupu, Kecamatan Kakuluk Mesak dengan jarak sekitar 20 km dari pusat kota Atambua. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan tertua di daratan Timor Barat. Selain berfungsi terminal penghubung dengan pelabuhan laut lainnya Pelabuhan laut Atapupu juga sebagai terminal barang antar pulau dan membongkar (unload) barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com