ROBERT SIMBOLON : “Joni Pahlawan Merah-Putih, Silawan Desa Merah-Putih”

Facebookrssyoutube

Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon meletakan batu pertama pembangunan rumah bantuan dari Kapolri untuk Yohanes Ande Kala alias Joni di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Jumat (31/08/2018).

 

(Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon pada saat meletakan batu pertama)

 

Joni adalah siswa kelas VII SMPN Silawan yang sempat viral dengan aksi heroiknya yakni memanjat tiang bendera untuk memperbaiki tali bendera yang tersangkut di ujung tiang saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-73 RI,  17 Agustus 2018 lalu. Aksi heroik Joni mendapat perhatian besar dari pemerintah mulai dari pemerintah daerah sampai pemerintah pusat. Sebagai bentuk penghargaan, Joni mendapat bantuan rumah dari Kapolri yang acara peletakan batu pertama dilakukan Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon.

Sebelum peletakan batu pertama, Robert Simbolon mengatakan, Joni adalah pahlawan kecil merah putih dan beliau juga menyematkan gelar “Pahlawan Merah Putih” kepada Joni dan desa Silawan menjadi “Desa Merah Putih”. Aksi Joni  dapat dimaknai sebagai ungkapan jiwa nasionalisme dari anak di perbatasan yang bertekad agar bendera merah putih harus dikibarkan. Untuk itu, Desa Silawan diberi gelar sebagai Desa Merah Putih. “NKRI tetap jaya, merah putih tetap berkibar. Semua ini karena Joni, pahlawan kecil merah putih,” ujarnya.

Robert Simbolon mengatakan, Desa Silawan, merupakan salah satu desa di Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan Republik Democratic Timor Leste (RDTL). Sebagai beranda terdepan NKRI, beliau mengajak semua pihak untuk menjaga dan merawat NKRI sehingga merah putih tetap berkibar di daerah perbatasan ini.

Kegiatan peletakan batu pertama pembangunan rumah bantuan ini dihadiri Istri Penjabat Gubernur NTT, Bupati Belu, Wabup TTU, Danlantamal Kupang, Danlanud Kupang, Kasrem 161/Kupang, Asdep Tasbara BNPP, Kepala BNPP Provinsi NTT, Dandim 1605/Belu, Wakapolres Belu, para Perwira TNI-Polri Kabupaten Belu dan TTU, Pimpinan OPD Belu, Camat Tasifeto Timur, Kades Silawan, Pejabat PLN serta undangan lainnya. Rumah ini akan dibangun selama 45 hari terhitung sejak Joni kembali ke Silawan tanggal 22 Agustus 2018 lalu. Rumah Joni Kala dibangun dengan Tipe 45 dan ukuran 9×5 meter.

 

(Redaksi,FRB)

Facebookmail

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com