REKATKAN HUBUNGAN INDONESIA-TIMOR LESTE

Facebookrssyoutube

 

indonesia timor leste 5indonesia timor leste 2

ATAMBUA, Hubungan Diplomatik Republik Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste, terus dibangun dan ditingkatkan dari waktu ke waktu. Hubungan yang sudah terjalin sejak Timor Leste memisahkan diri dari Indonesia pada tahun 1999 itu, hingga saat ini dibangun di atas landasan perdamaian dan kekuatan budaya, sosial kemasyarakatan, yang walaupun secara administrasi berbeda, akan tetapi secara kultur sama. Berhadapan dengan hal itu, Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste melalui Consulado Timor Leste di Atambua, Cypriano Teme melakukan kunjungan dan silahturahmi ke Pemerintah Kabupaten Belu, Senin (07/03/2016) dan diterima Bupati Belu, Willybrodus Lay dan Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan, di ruang kerja Bupati Belu.

indonesia timor leste 4

Pertemuan yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan itu, untuk membicarakan beberapa hal penting yang berkaitan dengan wilayah perbatasan dan kerja sama di beberapa bidang kehidupan.

Bupati Belu, Willybrodus Lay usai pertemuan mengatakan pertemuan dengan Consolado Timor Leste di Atambua ini adalah silahturahmi biasa untuk lebih mempererat hubungan di antara kedua negara, khususnya Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.
“Kita hanya melakukan silahturahmi sebagai dua negara yang berbatasan langsung, sehingga hubungan antara kedua negara tetap terjalin dengan baik dan semakin kondusif,” kata Bupati Belu.

indonesia timor leste 3indonesia timor leste

Ditanya soal pokok pembicaraan, Bupati Willy Lay mengaku ada beberapa bidang yang dibicarakan misalnya di bidang perdagangan, budaya dan sosial budaya. Selain itu juga, menurut Bupati dibicarakan juga mengenai kegiatan-kegiatan perbatasan yang sementara ini sudah dilakukan di bidang olahraga dan seni.
“Khusus mengenai bidang olahraga dan seni budaya, kita rencanakan secara matang sehingga kegiatan yang melibatkan dua negara itu, dibuka dan dihadiri Presiden RI dan Presiden Timor Leste,” akunya.
Silahturahmi itu diselingi dengan saling tukar cenderamata dari Pemerintah Timor Leste dan sebaliknya untuk Bupati dan Wakil Bupati Belu. (humassetdabelu)

Reporter dan Foto : Herry Klau

https://www.facebook.com/profile.php?id=100008920532196&fref=photo    

Facebookmail

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com