RAPAT KOORDINASI KPA DALAM RANGKA EVALUASI PROGRAM PENCEGAHAN HIV/AIDS DI KABUPATEN BELU

Facebookrssyoutube

Rapat evaluasi program pencegahan HIV/AIDS,diruang wakil Bupati Belu,Kamis 17 Mei 2018 di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Belu , Drs.J.T Ose Luan. Rapat yang menghadirkan instansi terkait tersebut diantaranya ; ibu Tim Penggerak PKK Kabupaten Belu,  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kabupaten Belu,perwakilan Rumah Sakit Marianum Halilulik, pimpinan Kantor BPJS Atambua, dan Pejabat yang mewakili pimpinan OPD Kabupaten Belu.

                Penyakit HIV/AIDS ( Acquired Immunodeficiency Syndrom) merupakan penyakit yang mengakibatkan hilangnya kekebalan tubuh. Sedangkan HIV(Virus Human Immunodeficiency) gejalanya adalah terjadinya penurunan kekebalan tubuh pada manusia.

                Wakil Bupati Belu,Drs.J.T Ose Luan dalam arahannya menjelaskan persoalan yang dihadapi masyarakat saat ini bahwa, masyarakat belum paham dan mengerti tentang resiko HIV/AIDS. Hal ini disebabkan karena rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat tentang HIV/AIDS. Oleh karena itu diminta kepada seluruh pimpinan OPD dan Stekholder terkait agar  terus mensosialisasikan tentang resiko-resiko HIV/AIDS kepada masyarakat, ujarnya.

 Menurut Wakil Bupati Belu yang juga selaku ketua KPA Kabupaten Belu bahwa, penyakit HIV/AIDS berakibat fatal dan merenggut nyawa manusia. Untuk itu upaya pencegahan dini perlu dilakukan terutama bagi ibu-ibu rumah tangga yang merupakan korban yang beresiko tinggi terkena penyakit ini. Wakil Bupati Belu diakhir pertemuan menghimbau kepada seluruh pihak terutama  para kepala sekolah dan bapak/ibu guru agar mensosialisasikan resiko HIV/AIDS kepada siswa/i disekolah agar mereka bisa terhindar dari penyakit mematikan ini,’’pintanya berharap.

 

Sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah dan upaya pencegahan , karena HIV/AIDS banyak menyerang usia Produktif dalam hal ini Pelajar dari tingkat SMP dan SMA,’’tegas Wakil Bupati Belu.

 

(Redaksi, Djitro/Nelis)

Facebookmail

Leave a Reply

Your email address will not be published.