Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Pengelola Inovasi Desa ( TPID) oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Belu

Facebookrssyoutube

Rabu (28/11) Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Belu mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Pengelola Inovasi Desa ( TPID) dari 9 Kecamatan dalam upaya mendukung Pelaksanaan Program Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Belu tahun anggaran 2018, kegiatan Pelatihan melibatkan Tim Inovasi Kabupaten ( TIK) terdiri dari OPD terkait sebagai nara sumber dan peserta sebanyak 63 orang berasal dari 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Belu, bertempat di Hotel Nusantara II Atambua.

Kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembangunan dan Pemberdayaaan Masyarakat Desa, M. G. B. ANITA MANEK, SH.

Pada kesempatan yang sama hadir sebagai nara sumber Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si. Dalam materinya yang berjudul Keterbukaan Informasi Publik dan Pembangunan Desa mengatakan bahwa keterbukaan Informasi Publik perlu dimengerti dan dipahami secara baik dan benar oleh masyarakat desa agar semua proses pembangunan pemerintahan dan pemberdayaan dapat berjalan secara adil, transparan dan akuntabel demi peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di desa. Informasi yg diterima maupun yg dipublikasikan bersifat cepat, tepat, murah dan sederhana, ini perlu adanya kerjasama yang baik serta dukungan dari semua pihak baik masyarakat dan pemerintah Desa. Sehingga informasi-informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat tersampaikan dengan baik, tanpa harus menunggu lama. Hal ini tentunya didasari pada undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik menyatakan informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosial nya serta merupakan bagian penting Bagi ketahanan nasional.

Hadir juga pada kegiatan tersebut nara sumber lainnya dari ,Koordinator P3MD Kanisius Aji Manek dan dari Dinas Kesehatan Kepala Seksi Promosi Kesehatan Bene Agas, S.Gz.

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Pengelola Inovasi Desa akan berlangsung selama 2 hari yakni dari tanggal 28 sampai dengan 29 November 2018.

(Foto/Berita : Novita Bogar)

Facebookmail

Leave a Reply

Your email address will not be published.