OSE LUAN : KITA HARUS BERTANGGUNGJAWAB MENEGAKKAN ATURAN

Facebookrssyoutube

ATAMBUA, Tekad duet kepemimpinanan Bupati Belu, Willybrodus Lay dan Wakil Bupati Belu, Drs. J.T Ose Luan peridoe 2016-2021 untuk merenovasi sistim pelayanan Birokrasi Pemda Belu terus didengungkan. Kedua pemimpin baru ini, menemui berbagai persoalan mendasar terkait prospek pelayanan birokrasi di Pemda Belu. Setiap Pimpinan SKPD harus bertindak benar dan bertanggungjawab sesuai etika penegakan aturan yang ada. Penegasan itu disampaikan oleh Wakil Bupati Belu, Drs. J.T Ose Laun, dalam rapat perdananya bersama seluruh Pimpinan SKPD se-Kabupaten Belu di Lantai I kantor Bupati Belu, Senin, (22/2/2016).

anulir
“Kenapa saya tegaskan untuk anulir SK Kontrak tahun 2016. Kita akan panggil pimpinan dinas yang bersangkutan terkait keberadaan Teko baru. Pertimbangannya apa, sehingga ada penambahan orang. Kita akan menganulir dan mencabut SK yang sudah diterbitkan dengan memanggil pimpinan instansi yang ada Teko baru. Teko lama saya tidak anulir, karena Teko baru ini saya anggap sudah dibawah kepemimpinan kami,” ucapnya.
Terkait rotasi sejumlah staf PNS di lingkup Pemkab Belu, Wabup Ose Luan menegaskan, harus ada etika dalam memberlakukan SK mutasi seorang staf. Aturan kepegawaian tidak memerintahkan untuk melakukan mutasi diluar aturan.
“Kami menganulir staf yang sudah dipindahkan. Etika dan norma harus ditaati bersama. Biar kita anulir dulu, kembalikan mereka dan kita tegakan aturan,” pintanya.
Menyinggung isu mutasi yang berhembus, Ose Luan mengingatkan para camat agar tetap bekerja keras untuk kepentingan rakyat.
“Para camat harus kerja, jangan berpikir untuk mutasi. Sebagai aparatur tidak boleh berpikir jabatan, tetapi bertanggungjawab dan harus bekerja keras sebagai pelayan rakyat,” tukasnya.
Dia juga menyampaikan, mutasi jabatan harus mempertimbangkan kepangkatan dan kelayakan seorang Aparatur Sipil Negara dalam menduduki jabatan tertentu.
“Seorang eselon 2 itu harus dua kali menduduki eselon 3 pada instansi yang berbeda. Untuk esolon 3 ada yang berbeda, jika dia eselon 3 dalam Bapeda, dia tidak bisa eselon 2. Ini harus diluruskan dan teknisnya harus pertanggung jawabkan.¬ Demikian juga eselon-eselon di bawahnya. Tidak bisa orang PPL langsung naik camat, kita kembalikan dia ke tempat tugas semula sebagai pejabat fungsional. Selain itu ada persyaratan PIM, saya minta untuk eselon 2 ikut PIM,” terangnya.

anulir 3
Disampaikan pula, ada perbedaan pada anggaran naik pangkat karena jabatan dan anggaran naik pangkat karena fungsional.
“Untuk jabatan sekretaris punya pemberlakuan yang beda, kabid dan lain-lain. Mereka bisa dua tahun. Kita yang lain itu karena jabatan yang bisa buat kita dua tahun. Tapi kalau sudah datar tidak boleh dua tahun lagi. Kalau sudah dua tahun, jangan dua tahun lagi. Ini mengecewakan, orang mengeluh. Aturannya itu kalau tidak memenuhi angka kredit yang dibutuhkan untuk naik, dua tahun dia naik. Kenapa harus tunda orang punya nasib satu tahun. Tidak boleh ada seperti itu lagi. Bantu mereka untuk naik,” ujar Wabup Belu mengingatkan.
Mantan Kepala Bapeda Belu ini juga mengatakan, berhubungan dengan disposisi surat, langsung ke Wakil Bupati dan Sekda Belu, sehingga tidak membebani Bupati dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

anulir 2
“Disposisi surat dari Bagian Umum, kasih kepada kami (Wabup,red) dua pak Sekda. Kalau banyak surat yang masuk ke Bagian Umum, lain ke pak Sekda lain ke saya. Untuk Bupati, kami dua pak Sekda yang kasih memo ke atas, jika ada yang harus membutuhkan keputusan Bupati,” ungkapnya.
Terhadap batas pertanggungjawaban keuangan tahun anggaran 2016 pada tanggal 31 Januari 2016, Wabup Belu menyampaikan bahwa hingga saat ini dari 104 SKPD, yang sudah menyampaikan laporan keuangan baru baru 81 pengguna anggaran.
“Kita harus kasih batas waktu, karena ini sebagai gambaran ketidakmampuan kita birokrat. Kita hanya mampu meminta uang tetapi tidak mampu mengelola. Bulan Maret kita sudah harus ada laporan keuangan, karena kita akan di audit oleh BPK,” tandas Ose Luan. (humassetdabelu)

Facebookmail

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com