KPU BELU GELAR DEBAT TERBUKA PASLON BUPATI DAN WAKIL BUPATI BELU

Facebookrssyoutube

ATAMBUA, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu menggelar Debat Terbuka antar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2015. Debat terbuka yang pertama kali diselenggarakan KPU Belu ini berlangsung di gedung wanita Bete Lalenok, Atambua, Selasa (06/10/2015) dan disiarkan secara langsung oleh TV Belu dan Radio Republik Indonesia (RRI) Atambua. 12096607_1470307416609929_7401593613929743252_n
Debat Terbuka ini dihadiri para pasangan yakni calon nomor urut 1 drg. Falentinus Parera -Cyprianus Temu, S.IP (FansMu NKRI), nomor urut 2 Willybrodus Lay – Drs. JT. Ose Luan (Sahabat) dan calon nomor urut 3 Ventje JR. Abanit, SE, Akt – Drs. Bona Bowe (Venna) dan dipandu langsung moderator Aloysius Sukardan, Dekan Fakultas Hukum Universitas Nusa Cendana Kupang.
Debat Publik ini dihadiri Pj. Bupati Belu Drs. Wilhelmus Foni, M.Si, Kapores Belu, AKBP. I Dewa Putu Gede Artha, SH. MH, Ketua Pengadilan Negeri Atambua, Robert, SH. MH, Pimpinan Partai Politik, Ketua Panwaslu Belu, Andreas Parera, S.Fil bersama jajarannya, pimpinan SKPD, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tim Kampanye dan pendukung masing-masing pasangan.

Ketua KPU Belu Martin A. Baralay, SH di depan para calon dan undangan mengatakan debat ini merupakan salah satu tahapan dalam kampanye yang harus dilakukan karena untuk memperlihatkan kepada masyarakat tentang visi-misi dan program calon agar masyarakat dapat memilih dan menilai siapa yang akan mereka pilih pada tanggal 9 Desember.

Dikatakannya, pelaksanaan kampanye dalam metode debat terbuka pertama antar pasangan calon bupati dan wakil bupati Belu diharapkan dapat berjalan dengan baik lancar dan tertib sehingga dapat berlanjut ke debat kedua dan ketiga yang telah direncanakan oleh pihak penyelenggara pada bulan November dan awal Desember 2015, sebelum pemilihan dilangsungkan.
“Debat ini untuk penajaman visi-misi para calon bupati dan wakil bupati yang harus diketahui masyarakat dan program calon sehingga diharapkan agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan akan lanjutkan lagi pada debat berikutnya sesuai rencana yang telah disiapkan” ujar Baralay.

Keenam calon Bupati dan Wakil Bupati Belu ini adalah putra-putra terbaik Belu yang punya niat yang sama untuk membangun Belu. Baralay juga meminta kepada masyarakat untuk memilih sesuai dengan hati dan perasaannya karena pilkada ini adalah hanya sebuah proses untuk melahirkan pemimpin. Dilanjutkan, debat ini adalah bukan mencari kelemahan calon akan tetapi untuk menggali potensi dan kemampuan calon tentang bagaimana membangun Belu ke depan jika terpilih sebagi Bupati dan Wakil Bupati Belu. Selanjutnya Baralay berterima kasih kepada aparat Polres Belu yang telah memberikan jaminan keamanan sehingga kegiatan debat ini bisa berjalan dengan tertib dan khusus kepada tim pasangan calon dan para pendukung yang telah mengikuti acara ini dengan baik dan tertib.

Sementara itu Dekan FH Undana Kupang Aloysius Sukardan, SH. M.Hum sebagai moderator debat sebelum memulai debat tersebut mengatakan kita patut merasa bahagia karena menjadi bagian dari debat terbuka ini. Dikatakannya forum ini adalah forum yang sangat terhormat dan bermartabat karena forum ini merupakan forum yang bisa menentukan perjalanan kabupaten Belu ke depan dan dalam forum ini kita akan mendengarkan pikiran-pikiran yang cerdas dan bernas serta langkah-langkah taktis dari masing-masing paket untuk menjadikan Belu lebih baik lagi. Debat dengan alokasi waktu 100 menit ini di bagi dalam 4 (empat) segmen yakni segmen pertama pemaparan visi-misi program oleh masing-masing pasangan calon berdurasi 10 menit, segmen kedua pertanyaan tertutup yang disiapkan oleh moderator berdasarkan kajian ilmiah terhadap visi misi dan program pasangan calon berdurasi 5 menit, segmen ketiga pertanyaan terbuka antara pasangan calon yang diajukan oleh masing-masing pasangan calon berdurasi 1 Menit dan durasi untuk menjawabnya 5 menit dan segmen keempat yaitu clossing statement/pernyataan penutup berdurasi 3 menit.

Dalam closing statement, masing-masing paket mengharapkan agar para simpatisan pendukung untuk tetap menjaga situasi aman dan kondusif sehingga pelaksanaan pesta demokrasi ini dapat berlangsung dengan baik. (humassetdabelu)

Facebookmail

One thought on “KPU BELU GELAR DEBAT TERBUKA PASLON BUPATI DAN WAKIL BUPATI BELU

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com