KEMENTERIAN PUPR MEMASTIKAN BENDUNGAN KOLHUA KOTA KUPANG NTT AKAN DIPINDAHKAN KE WELIKIS KABUPATEN BELU

Facebookrssyoutube

Kamis (13/12) sesuai nawacita ke tiga Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dengan membangun dari pinggiran semakin terjawab dan di rasakan oleh masyarakat. Selain Bendungan Rotiklot di Desa Fatuketi ,Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu,Pemerintah Pusat Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Memastikan akan memindahkan Pembangunan Bendungan Kolhua di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) ke lokasi baru di Welikis, Kabupaten Belu.

Saat ini Desain Bendungan Welikis pengganti Bendungan Kolhua tengah dalam proses dan sudah bisa di mulai pembangunannya pada Tahun 2019 mendatang.
Bendungan Kolhua,yang sebelum nya di rencanakan akan di bangun di Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang yang telah di tetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai salah satu dari 7 bendungan yang akan di bangun di NTT kini sudah bisa dipastikan akan di relokasi (pindahkan) ke Lokasi lain yakni di Welikis Kabupaten Belu.
Menurut Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Ir. Hary Suprayoga.M.Eng saat bersama melakukan Penutupan Pengisian Air Bendungan Rotiklot di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Kamis (13/12/2018).

Pihak kementerian sudah menerima surat resmi dari Pak Gubernur NTT sebelumnya Frans Lebu Raya untuk meminta memindahkan Pembangunan Bendungan Kolhua ke lokasi lain yakni di Welikis di Kabupaten Belu”.
Dirjen juga menambahkan, dari 7 Bendungan tersebut 2 Bendungan sudah selesai di bangun yaitu Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang ,dan Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu , dan sementara 2 lainnya sementara dalam proses pembangunan yakni Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka dan Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Dan untuk Bendungan Kolhua yang sebelumnya akan di bangun di Kota Kupang akan di pindahkan ke Kabupaten Belu .

Selain itu , Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi yang turut hadir mendampingi Dirjen Sumber Daya Air (SDA) mengatakan, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur sangat mendukung Kebijakan pemerintah Pusat dalam proses Pembangunan Insfratuktur di NTT .
“kita sebagai pemerintah provinsi sangat mendukung, bantuan dari pemerintah pusat demi masyarakat NTT. untuk masalah lahan dan lokasi yang sering menjadi masalah di NTT itu menjadi tanggung jawab gubernur dan wakil gubernur . Wagub Nae Soi Juga mengakui, sangat mendukung kebijakan pemerintah Pusat untuk memindahkan Bendungan Kolhua ke Lokasi lain. “Semua pasti sudah melalui proses dan kalau memang mau di pindahkan ya silakan saja, Pemerintah daerah pasti dukung”. Kata wagub NTT.

(Foto/Berita : Novita Bogar)

Facebookmail

Leave a Reply

Your email address will not be published.