KELURAHAN FATUKBOT GANDENG LPPA BENTUK FORUM ANAK

Facebookrssyoutube

ATAMBUA, Anak sebagai generasi penerus pembangunan, semestinya dilindungi dan dipenuhi hak-haknya oleh negara, pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua untuk hidup tumbuh berkembang dan berprestasi. Sebagai upaya pemenuhan hak-hak anak untuk hidup tumbuh berkembang dan berpartisipasi, LPPA terus mendorong pemerintah seperti Desa/ Kelurahan yang berada dalam wilayah dampingan LPPA mitra Childfund, agar anak-anak perlu dilibatkan dalam proses kegiatan apapun yang berada di desa/kelurahannya (misalkan melibatkan anak dalam kegiatan musrenbangdes/musrenbanglur). Demikian disampaikan Asisten Program LS3 LPPA mitra Childfund, Martina T. Berek dalam arahannya saat pembentukan forum anak desa/kelurahan di Fatukbot kecamatan Atambua Selatan, Jumat (18/09/2015).
“Ada 4 hak dasar anak yaitu hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak partisipasi. Selama ini untuk hak partisipasi/keterlibatan anak dalam musyawarah belum diperhitungkan/diperhatikan. Di sekolah mereka terlibat dalam Osis, kalau di masyarakat kami melihat bahwa selama ini belum pernah dilibatkan maka kita bermitra dengan pemerintah desa/kelurahan untuk membentuk forum anak,“ ujar Martina.

Dikatakannya LPPA mitra Chilfund bekerjasama dengan pemerintah desa akan membentuk forum anak desa/kelurahan di 8 desa sampingan. Harapannya bahwa dengan terbentuknya/tersedianya wadah forum anak di desa/kelurahan ini dapat memberikan ruang kepada anak untuk menyatakan dan didengarkan pendapatnya, menerima dan memberikan informasi, berkreasi dan mengembangkan diri sesuai minat dan bakat. Unsur-unsur yang akan terlihat dalam proses pembentukan forum anak adalah pemerintah desa/kelurahan, BMM, remaja dan anak-anak dari kelompok usia life stage 2 (dua). Oleh karena itu dukungan dari pemerintah sangat diharapkan untuk legislasi dan keberlanjutan kegiatan forum anak di desa/kelurahan.
Tujuan dari pembentukan forum anak desa/kelurahan ini adalah untuk mewujudkan upaya pemenuhan hak anak untuk hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi; menyediakan wadah bagi anak untuk menyatakan/didengarkan pendapatnya, menerima dan memberikan informasi, memanfaatkan waktu luang, bermain, berkreasi, pengembangan minat dan bakat serta meningkatkan peran pemerintah, lembaga sosial kemasyarakatan di dalam pemenuhan hak anak untuk tumbuh, berkembang dan berpartisipasi. Dan hasil yang diharapkan dari kegiatan pembentukan forum anak ini adalah terbentuknya/tersediannya wadah forum anak dan adanya sarana pengembangan kemampuan berorganisasi bagi anak.

12014999_1466787493628588_500990638536838911_o

Manfaat bagi anak dari pembentukan forum ini diantaranya adanya wadah atau sarana bagi anak untuk berkumpul dan aktif menyuarakan atau menyampaikan aspirasi, pendapat, kebutuhan secara lebih formal; keberadaan kelompok kegiatan anak diakui secara politis oleh semua kelompok masyarakat di wilayahnya; adanya peluang dan ruang bagi anak untuk berpartisipasi lebih luas; adanya fasilitas untuk mengembangkan bakat, minat dan kemampuan; adanya sarana pengembangan kemampuan berorganisasi bagi anak serta tumbuh kembang anak makin optimal Sedangkan manfaat bagi orang tua diantaranya adalah kegiatan anak lebih fokus dan terarah; pilihan kegiatan anak lebih ragam, kecerdasan sosial anak terasah, tumbuh kembang anak lebih optimal dan manfaat bagi masyarakat adalah jumlah anak yang aktif meningkat, tumbuh kembang anak lebih optimal; anak turut memiliki sarana dan prasarana umum sehingga tingkat kerusakan kecil, terjadinya proses penyiapan pemimpin sejak dini; munculnya kesadaran kolektif tentang pemenuhan hak anak; munculnya toleransi antar kelompok anak yang dapat menekan potensi konflik sosial serta masalah sosial anak lebih mudah di lokalisir selain itu manfaat bagi pemerintah adalah terlaksananya amanah undang-undang perlindungan anak; pemerintah lebih mudah memahami dan merespon aspirasi, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak ; penyebarluasan informasi terkait anak lebih fokus dan tepat sasaran serta penyusunan strategi kebijakan, program dan kegiatan pembangunan lebih berprespektif anak.

Camat Atambua Selatan Drs. Mateus Bau dalam arahan sebelum membuka kegiatan, mengatakan forum yang dibentuk ini sangat bermanfaat bagi anak-anak remaja di kecamatan Atambua Selatan karena sebagai wadah bagi mereka untuk dapat berkumpul, membina dan mengembangkan potensi diri serta tumbuh kembang anak.
“Dengan pembentukan forum anak ini mereka akan dihimpun dalam satu wadah untuk berbicara tentang hak anak/remaja dan kewajiban remaja. Mereka dapat menyuarakan tentang hak-hak dan kewajiban anak di kecamatan Atambua Selatan pada umumnya khususnya di kelurahan Fatukbot,” ujar Camat.

Dikatakannya wadah ini adalah rel yang benar karena perkembangan saat ini banyak terjadi kekerasan pada anak, bagaimana kita perjuangkan wadah ini sehingga menjadi tempat perjuangan kita bersama sehingga ke depan diharapkan dapat meminamalisir berbagai tindak kekerasan terhadap anak/remaja baik dalam rumah tangga, di sekolah dan masyarakat.
“Anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang harus diperhatikan tumbuh dan kembangnya karena mereka akan memimpin belu kedepannya,” tutupnya.

Sementara itu Lurah Fatukbot Melkior J. Laka,S.IP kepada media ini mengatakan, pemerintah kelurahan Fatukbot menyambut baik dan mendukung pembentukan forum anak ini karena sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak remaja. Melalui forum ini menurutnya, mental anak dapat dibina dengan baik.
“Wadah ini sangat penting agar di dalamnya anak-anak tumbuh dan berkembang, menampung kepentingan dan kebutuhan anak, termasuk pembinaan mental anak,” ujar Lurah Meli.

Dirinya juga menyetujui agar anak-anak remaja dilibatkan dalam berbagai kegiatan/program di kelurahannya sehingga mereka dapat diberdayakan. Meli Laka berharap ke depan semua anak remaja di kelurahan Fatukbot dapat terorganisir ke dalam wadah ini. Segi positif dari pembentukan forum ini adalah dapat membina mental anak remaja menjadi baik serta wadah untuk mengembangkan bakat mereka.

Ditambahkan, dengan forum ini muncul bibit-bibit potensi yang mampu mengangkat nama kelurahan Fatukbot di tingkat nasional maupun internasional. Kepada para orang tua dirinya berharap agar turut mendukung forum ini karena forum ini sangat bermanfaat bagi anak, orang tua, masyarakat dan pemerintah.
“Pemerintah akan mengumpulkan orang tua untuk menyampaikan bahwa mari kita mendukung forum ini karena forum ini dapat membina mental anak agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Saya minta kepada orang tua juga kalau bisa hadir dalam forum ini untuk melihat bahwa forum betul-betul bermanfaat,” pungkasnya. (humassetdabelu)

Facebookmail

3 thoughts on “KELURAHAN FATUKBOT GANDENG LPPA BENTUK FORUM ANAK

  • June 16, 2016 at 11:46 pm
    Permalink

    Yth. Bapak Lurah
    tlng diperhatikan dulu utk jln di nufuak itu krn sdh rusak kena banjir tiap tahun. Harapan kami tahun ini bs diperbaiki. Terima kasih

    Reply
    • September 8, 2016 at 1:16 am
      Permalink

      Frankly I think that’s abuesltoly good stuff.

      Reply
  • June 16, 2016 at 11:48 pm
    Permalink

    Yth. Bapak Lurah Fatukbot
    tlng diperhatikan dulu utk jln di nufuak itu krn sdh rusak kena banjir tiap tahun. Harapan kami tahun ini bs diperbaiki. Terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.