FORUM PERANGKAT DAERAH PENYUSUNAN RKPD TAHUN 2019 KABUPATEN BELU

Facebookrssyoutube

Forum Perangkat Daerah dibuka dengan resmi oleh Wakil Bupati Belu, Drs. J. T. Ose Luan dan dihadiri oleh seluruh OPD, camat, lurah dan utusan dari tiap – tiap OPD  se–Kabupaten Belu pada hari Kamis (22/03/2018) bertempat di aula BP4D kabupaten Belu.

Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan, dalam sambutannya menjelaskan, Forum Perangkat Daerah yang dilaksanakan pada hari ini, merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan yang telah diamanatkan dalam UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencaan Pembangunan Nasional. Dimana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama – sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.

Wakil Bupati Belu, Drs. J. T. Ose Luan membuka dengan resmi forum perangkat daerah terkait penyusunan RKPD tahun 2019

Menurut Wakil Bupati Belu masyarakat merupakan mitra kerja pemerintah dalam setiap tahapan proses pembangunan yaitu dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai tahap evaluasi. Oleh karena itu Wakil Bupati meminta agar masyarakat tidak lagi dijadikan sebagai obyek dari pembangunan melainkan diikutsertakan  dalam proses penentuan arah dan kebijakan pembangunan daerah” tegasnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan, mengatakan “Forum Perangkat Daerah yang kita laksanakan pada hari ini juga merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten yang telah dilaksanakan dari tanggal 19 Februari sampai dengan 7 Maret 2018. Dari hasil Musrenbang RKPD  Kabupaten di kecamatan tersebut akan dijadikan bahan bagi seluruh Perangkat Daerah dalam Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun Anggaran 2019  yang akan datang” urainya.

Wakil Bupati Belu Drs. J.T. Ose Luan menambahkan, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap program dan kegiatan tahun sebelumnya masih ditemukan berbagai kelemahan baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan di kabupaten Belu. Untuk itu pada kesempatan ini beliau mengingatkan kembali kepada seluruh OPD tentang beberapa hal yaitu :

  1. Penyusunan Program dan Kegiatan dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun harus berdasarkan filosofi “Money Follow Program” (anggaran mengikuti program);
  2. Dalam penyusunan suatu kegiatan harus jelas output (hasil) dan outcome (manfaat) dengan indikator yang ingin dicapai harus dapat diukur, sehingga keberhasilan perangkat daerah dapat terukur dan terevaluasi;
  3. Dalam perumusan kegiatan harus memperhatikan kemampuan keuangan daerah dan kegiatan tersebut bisa dilaksanakan, sehingga semua anggaran bisa terserap secara optimal.

 

(Redaksi, Nelis)

(foto : FRB)

Facebookmail

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com