DUKUNG PENINGKATAN PERTANIAN RRI GELAR DIALOG BERSAMA DINAS TANAMAN PANGAN HOLTIKULTURA DAN PERKEBUNAN KABUPATEN BELU

Facebookrssyoutube

DINAS KOMINFO KAB. BELU—RABU (13/02), Radio Republik Indonesia (RRI) Atambua melakukkan dialog bersama Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Belu melalui program Aspirasi Timor Alor (TORA) yang berlangsung di studio pro satu RRI Atambua.

Guna mendukung Peningkatan Produksi Pertanian di Kabupaten Belu, RRI Atambua melakukan dialog bersama Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Belu, Petrus Alkantra Tribambang Manek yang membahas tentang upaya pemerintah dalam mendukung peningkatan pertanian.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk

Pada tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Belu mendapatkan bantuan pertanian khusus benih Padi Sebanyak 1000 hektar dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Pemerintah Kabupaten Belu telah melakukan identifikasi data pada tahun 2018 bagi calon petani, calon lahan untuk menerima bantuan secara lengkap baik benih maupun pupuk, yang akan dilakukan pada musim tanam 2019,” kata Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan.

Khusus pengawasan pupuk, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Belu dengan dua metode yakni metode verifikasi yaitu dengan mendata kelompok tani penerima bantuan pupuk, metode validasi dengan membentuk satu tim pengawasan pupuk pestisida yang melibatkan OPD terkait dan aparat penegak hukum.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk dan dalam ruangan

‘’Untuk pengawasan pupuk apabila terjadi kesalahan atau penyimpangan di lapangan, masyarakat bisa melaporkan, dan diambil sikap tegas secara hukum,‘’ tegas Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Belu.

Lebih lanjut Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Belu mengatakan, untuk peningkatan produktifitas pertanian, pada Tahun 2018 telah membangun empat jalan usaha tani yakni di Kelurahan Fatukbot Kecamatan Atambua Selatan, Desa Naitimuk Kecamatan Tasifeto Barat, Desa Manleten Kecamatan Tasifeto Timur dan Desa Mandeu Kecamatan Raimanuk. Sedangkan Tahun 2019 hanya bisa membangun satu jalan usaha tani khususnya di Kecamatan Kakuluk Mesak, ujarnya.

Di akhir wawancara, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Belu menambahkan pada Tahun 2018 target pencapaian pertanian sudah melampaui target di beberapa Komoditi, seperti jagung, ubi kayu dan padi. Khusus di tahun 2019 kita akan lebih meningkatkan lagi produktifitas pertanian sehingga optimalisasi pertanian di Kabupaten Belu menjadi bertambah.

Program Aspirasi TORA yang mengambil format dialog interaktif ini merupakan kerjasama antara RRI Atambua dengan Pemerintah Kabupaten Belu. Program ini mendapatkan respon yang cukup baik dari pemirsa melalui pertanyaan kepada narasumber via SMS saat dialog berlangsung.
#kominfobelu
#programaspirasi_TORA
#dukunganpeningkatanpertanian
#atambua
#atambuakotaperbatasan
Rri Atambua
.
.
.
Foto/Berita: Anna Pertiwy & Bentus Luan

Facebookmail

Leave a Reply

Your email address will not be published.