Cegah Kelangkaan Pangan, Distanbun Belu Gandeng TNI

Facebookrssyoutube

ATAMBUA, JITUNEWS.COM- Masyarakat Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), perlu mengapresiasi kinerja kerja yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) setempat, yang bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Distrik Militer (Kodim) 1605/ Belu. Pasalnya, kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pangan di bidang hortikultura dengan memanfaatkan lahan tidur.

“Kerja sama Distanbun dengan Kodim itu tentang penyadaran masyarakat akan pemanfaatan lahan tidur yang belum dioptimalkan secara baik,” kata Remigius Asa, Kepala Distanbun Belu kepada jitunews, Jumat (11/9).
Diakui Remigus, akibat banyaknya lahan tidur yang belum dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat dalam hal ini para petani, maka membuang kesempatan untuk menghasilkan pangan yang baik pada tahun depan. Melihat keadaan tersebut, pihaknya melakukan kerja sama dengan TNI melalui Kodim Belu, guna mengajak masyarakat setempat agar kembali memanfaatkan lahan tidur yang ada, dengan menanami berbagai jenis tanaman hortikultura.
Bahkan, Remigus pun memprediksi, jika banyak lahan tidur yang belum dimanfaatkan secara baik oleh para petani, kemungkinan tahun depan bisa terjadi kondisi rawan pangan. “Lahan tidur begitu banyak. Tapi para petani dan juga masyarakat lebih banyak tidur. Akhirnya yang terjadi hanyalah bencana pangan,” tegasnya lagi.
Untuk itu, dirinya sangat mensyukuri adanya kerja sama dengan TNI dari Kodim Belu ini. Sebab berkat kerja sama tersebut, akhirnya banyak masyarakat dan para petani yang terbuka mindset-nya. “Tetapi tantangan itu masih akan tetap ada, di setiap ujung cangkulnya petani dan masyarakat,” (Felixianus Ali)

Facebookmail

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com