Cara menanam dengan Hidroponik

Facebookrssyoutube

Hidroponik merupakan salah satu cara menanam dengan tanpa menggunakan tanah sebagai media utamanya, cara ini mulai digemari masyarakat karena bisa menggunakan bahan-bahan bekas dan bisa diletakan dimana saja, bercocok tanam dengan cara menanam hidroponik dengan media air juga lebih efektif, karena bisa di panen lebih cepat karena proses pertumbuhannya yang cepat.

ada beberapa jenis cara menanm hidroponik dengan media air yang sudah banyak dipakai para pecinta tanaman hidroponik. namun yang paling sering digunakan ada 2 cara berikut:

1. Dengan cara NFT (Nutrient Film Technique)

nftkayu

Konsep dasar NFT (NUTRIENT FILM TECHNIQUE) ini adalah suatu metode budidaya tanaman dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi dan oksigen.

Sistem-Hidroponik-NFT-Nutrient-Film-Technique
Tanaman tumbuh dalam lapisan polyethylene dengan akar tanaman terendam dalam air yang berisi larutan nutrisi yang disirkulasikan secara terus menerus dengan pompa. Daerah perakaran dalam larutan nutrisi dapat berkembang dan tumbuh dalam larutan nutrisi yang dangkal sehingga bagian atas akar tanaman berada di permukaan antara larutan nutrisi dan styrofoam, adanya bagian akar dalam udara ini memungkinkan oksigen masih bisa terpenuhi dan mencukupi untuk pertumbuhan secara normal.

 

2. Cara bertanam hidroponik dengan sistem wick

hidro1

Cara bertanam paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan sistem wick. Kita bisa menggunakan berbagai bahan bekas seperti botol minuman mineral adalah yang paling sering kita lakukan terutama oleh para pemula.
Sebagai langkah awal, mari kita persiapkan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk memulai bertanam secara hidroponik sederhana.

HIDROPONIK

1. Botol bekas minuman mineral 1,5 – 2 liter.
2. Solder sebagai pelubang
3. Gunting sebagai pemotong
4. Media tanama seperti sekam bakar, cocopeat.
5. Nutrisi hidroponik / pupuk hidroponik biasanya pakai Nutrisi Hidroponik AB Mix.
6. Kain flanel.

Facebookmail

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com