KUNKER BUPATI DAN WABUP BELU DISAMBUT DENGAN TARIAN LIKURAI DAN SAPAAN ADAT

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (03/09), Bupati Belu- dr. Taolin Agustinus Sp.PD- KGEH, FINASIM dan Wakil Bupati Belu – Drs. Aloysius Haleserens, MM bersama rombongan disambut dengan tarian Likurai dan sapaan kunjungan kerja di Desa Duarato Kecamatan Lamaknen.
Mungkin gambar 2 orang, anak, orang berjalan, orang berdiri dan luar ruangan
Sapaan adat / Gasei (dalam bahasa Bunak) oleh Makoan, Bupati dan Wabup Belu disambut Na’i Duarato dan Fetor Duarato dengan pengalungan tais (Gatais) sebagai tanda persatuan. Kain adat yang dikalungkan kepada Bupati Belu, Wakil Bupati Belu, Dandim 1605 Belu, Ketua TP.PKK Kab. Belu, Direktur Bank NTT Cabang Atambua, Direktur Bank BRI Capem Atambua dan Ketua Kadin Kab.Belu merupakan hasil tenunan dari ibu – ibu penenun Desa Duarato.
Turut hadir dalam Kunjungan Kerja tersebut, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas PUPR, Plt Kepala Kesbangpol, Camat Lamaknen, Plt. Direktur PDAM, Pejabat yang mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Pejabat yang mewakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Anggota Kadin Belu.
Mungkin gambar 4 orang, orang berdiri, luar ruangan dan pohon
Usai acara penyambutan, Bupati Belu bersama rombongan diarak menuju Mot Duarato untuk mengikuti prosesi Galok Dato atau suguhan sirih pinang. Suguhan sirih pinang sesuai tradisi leluhur dengan ritus doa untuk mendapatkan berkat bagi Bupati dan Wakil Bupati Belu beserta Ibu dengan mengangkat koba ( tempat sirih pinang ) ke atas sebanyak tiga kali. Koba yang diangkat sebanyak tiga kali dengan maksud pertama mohon doa dan berkat Tuhan agar selalu sukses memegang tongkat Pemerintahan di Tanah Belu, kedua mohon berkat para leluhur dan berbagai kekuatan di Bumi agar selalu menyertai perjuangan, ketiga mohon doa dan berkat dari seluruh masyarakat Belu khususnya masyarakat Desa Duarato bagi Bupati dan Wakil Bupati Belu beserta Ibu agar sukses dalam setiap langkah hidupnya.
Setelah acara Galok Dato, Bupati Belu bersama rombongan langsung melihat proses penenunan mulai dari pemintalan benang sampai tenun yang dilakukan oleh ibu – ibu kelompok tenun di lokasi Desa Duarato.
Berita : Ria
Foto : Anna & Dion
Video : Andi
Editor : Elias Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.