RAPAT PLENO TERBUKA REKAPITULASI HASIL PENGHITUNGAN SUARA TINGKAT PPK TASIFETO TIMUR

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Senin (14/12), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tasifeto Timur, menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020 Tingkat PPK Tasifeto Timur, Minggu (13/12).
Gambar mungkin berisi: 3 orang
Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Camat Tasifeto Timur tersebut, dibuka oleh Ketua PPK Tasifeto Timur – Ariston W. Luan, didampingi anggota PPK dihadiri Komisioner KPU, Ketua Bawaslu Kabupaten Belu, Sekretaris Camat Tasifeto Timur, Kapolsek Tasifeto Timur, Danramil Tasifeto Timur, Babinsa Manleten, Panwaslu Tasifeto Timur, Saksi dari kedua pasangan calon (Paslon) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se – Kecamatan Tasifeto Timur.
Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang berdiri
Ketua PPK Tasifeto Timur dalam sambutannya menjelaskan, Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten.
Menurutnya, pelaksanaan pleno terbuka di tingkat kecamatan ini dilaksanakan untuk merekapitulasi hasil penghitungan suara yang sudah dilaksanakan di TPS, sehingga diharapkan Rapat Pleno ini dapat berjalan lancar, aman dan sukses.
Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan dalam ruangan
“PPK melaksanakan rapat pleno ini setelah mendapatkan kotak suara tersegel dari PPS. Karena itu, mari kita saling mendengar. Dalam demokrasi pasti ada perbedaaan, dan perbedaan itu pasti ada solusinya,” harapnya.
Menurutnya, dalam rapat pleno ini saksi wajib membawa dan menyerahkan surat mandat tertulis yang ditandatangani oleh pasangan calon atau tim kampanye pasangan calon tingkat kabupaten. Lalu, kepada peserta harus datang tepat waktu.
“Jika dalam hal tersebut saksi dan Panwaslu kecamatan tidak hadir, rapat pleno rekapitulasi tetap dilanjutkan,”ungkapnya.
Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri
Terkait partisipasi pemilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020, ia menyebut hampir 90 persen masyarakat Kecamatan Tasifeto Timur menggunakan hak pilihnya dengan baik sesuai dengan DPT.
“90 persen masyarakat percaya dan berharap hanya dengan Pilkada kita bisa menentukan pemimpin kita secara demokratis,”ucapnya.
Untuk diketahui, jumlah pengguna hak pilih di Kecamatan Tasifeto Timur berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 11. 464 pemilih, terdiri dari laki-laki 5.338 dan perempuan 6.126 yang tersebar di 12 desa dengan 51 TPS. Sementara untuk rincian perolehan suara untuk Paslon Nomor Urut 01 (Willybrodus Lay, SH – Drs. J. T. Ose Luan) dengan tagline Paket SAHABAT memperoleh 5.837 suara, sementara Paslon Nomor Urut 2 (dr. Taolin Agustinus, SP. PD – Drs. Aloysius Haleserens, MM) dengan tagline Paket SEHATI memperoleh 5.960 suara.
Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk
Jumlah suara sah 11.797, jumlah suara tidak sah 175. Jumlah Pemilih Tidak Terdaftar dalam DPT yang menggunakan hak pilih dengan KTP Elektronik atau Surat Keterangan (DPTb) sebanyak 492, terdiri dari laki-laki 221 dan perempuan 271.
Acara Rapat Pleno ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Penyebaran Covid-19.
Foto/Berita: Tim Peliput
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.