SERAH TERIMA JABATAN PJS BUPATI BELU KEPADA BUPATI BELU

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Minggu, ( 06/12) Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur mewakili Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyaksikan secara langsung Serah Terima Jabatan Penjabat Sementara Bupati Belu – Drs. Zakarias Moruk, MM kepada Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH yang berlangsung di aula Lantai Satu Kantor Bupati Belu, Sabtu (05/12).
Sambutan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur yang disampaikan oleh Kepala BKD Provinsi NTT – Henderina S. Laiskodat, SP., M.Si, berharap agar Bupati dan Wakil Bupati Belu tetap melaksanakan tugas sebagaimana biasanya selama sisa masa jabatan dan pada akhirnya dapat mengakhirinya dengan baik.
“Sehubungan dengan salah satu pasangan calon kepala daerah adalah Bupati dan Wakil Bupati Belu maka sesuai dengan koridor yang ada pada saat memasuki masa kampanye Bupati dan Wakil Bupati harus melaksanakan cuti diluar tanggungan negara sehingga untuk menjamin tidak terjadinya kevakuman dalam kepemimpinan pemerintahan di Kabupaten Belu pemerintah telah menetapkan dan menugaskan saudara Drs. Zakarias Moruk, MM selaku Penjabat Sementara Bupati Belu dan beliau telah melaksanakan tugas terhitung sejak tanggal 26 September sampai dengan 5 Desember 2020.
Selama kurang lebih 71 hari Penjabat Sementara Bupati menjadi nakhoda dalam proses pemerintahan di daerah ini utamanya dalam hal :
-. Memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.
-. Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.
-. Memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Belu yang definitif serta menjaga netralitas ASN.
-. melakukan pembahasan rancangan Perda dan dapat menandatangani Perda setelah mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri.
-. Melakukan pengisian pejabat berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri ; dan
-. Melaksanakan tugas selaku ketua satgas penanganan covid 19 di mana tugas dan kewenangannya antara lain memperhatikan surat edaran Mendagri nomor 440/5184/SJ tanggal 17 September 2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanganan covid -19 Daerah.
Pemerintah Provinsi NTT juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada setiap elemen di daerah ini yang telah memberikan andil terbaik dalam rangka suksesnya penyelenggaraan pemerintahan di daerah ini serta unsur Forkopimda, Aparatur Sipil Negara, kalangan Pers, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, LSM, dan seluruh masyarakat di daerah ini yang telah menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye. Dengan harapan agar setiap kita terus berkontribusi dalam proses dan tahapan Pilkada yang saat ini akan memasuki masa tenang dari tanggal 6 sampai 8 Desember dan puncaknya akan digelar pemilihan kepala daerah secara langsung tanggal 9 Desember 2020.
“Kepada Bupati dan Wakil Bupati Belu yang kembali melaksanakan tugas mulai besok tanggal 6 Desember 2020 Saya berharap agar tetap melaksanakan tugas sebagaimana biasanya selama sisa masa jabatan saudara dan dapat mengakhirinya dengan baik, kembali fokus pada pencapaian target program prioritas Daerah maupun Nasional yang ada di wilayah ini. Jauhkan diri dari tindakan yang dapat menguntungkan diri dalam masa tenang ini karena itu hanya akan merugikan diri sendiri di masa depan. Sedangkan kepada Penjabat Sementara Bupati diharapkan setelah selesai melaksanakan tugas di daerah ini agar segera kembali melaksanakan tugas sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur karena masih banyak tugas dan pekerjaan penting yang harus dituntaskan sampai dengan akhir tahun anggaran 2020,” ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama Penjabat Sementara Bupati Belu – Drs. Zakarias Moruk, MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Belu serta pimpinan organisasi perangkat daerah Kabupaten Belu yang telah bekerja sama selama kurang lebih 71 hari.
” Saya atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Nusa Tenggara Timur yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk melaksanakan tugas sebagai Penjabat Sementara Bupati Belu dari tanggal 26 September hingga tanggal 5 Desember hari ini. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Belu dan Wakil Bupati Belu dan seluruh pimpinan perangkat daerah Kabupaten Belu yang telah memberikan kontribusi dan menciptakan suasana yang aman, damai selama masa kampanye hingga hari ini. Selanjutnya kepada Bupati dan Wakil Bupati Belu dan bapak ibu sekalian saya mohon pamit, apabila selama 71 hari kebersamaan kita di Kabupaten Belu ini ada salah dan khilaf yang saya dan keluarga lakukan mohon dimaafkan,” tuturnya.
Yang kedua kami ingin melaporkan kepada Bapak Bupati Belu bahwa kami telah menyelesaikan pembahasan dan kesepakatan bersama tentang RAPBD TA. 2021 sementara ini ada evaluasi di tingkat provinsi mudah-mudahan RAPBD TA. 2021 dapat ditetapkan dan dapat dilaksanakan pada akhir tahun ini sesuai RPJMD Kabupaten Belu Tahun 2016 – 2021.
Sementara itu, Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur yang telah memberikan kesempatan kepada Bupati dan Wakil Bupati Belu untuk mengadakan cuti kampanye. Dan juga kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan tugas saat Bupati dan Wakil Bupati cuti untuk berkampanye.
” Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Nusa Tenggara Timur yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengambil cuti dengan syarat tidak menggunakan fasilitas negara dan hari ini telah berakhir.
“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan tugas ini sehingga tadi memori serah terima jabatan telah kami terima dan kami akan menindak lanjuti memori yang ada. Tinggal beberapa hari lagi akan berlangsung pemilihan kepala daerah di Kabupaten Belu ini, saya sebagai Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya ASN tetap menjaga netralitas dan mari kita semua menjaga daerah ini agar tetap kondusif dalam Pilkada. Pesta demokrasi hanya satu hari untuk memilih pemimpin, jadi setelah tanggal 9 Desember nanti siapa yang diberkati, dikaruniai oleh Tuhan itulah pilihan Tuhan melalui rakyatnya,” pesan Bupati Willy Lay.
Serah terima jabatan ini dihadiri dan disaksikan oleh Kepala BKD Provinsi NTT, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Belu, Dansatgas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB, Dandim 1605/Belu, Kepala Kejaksaan Negeri Atambua, Ketua Pengadilan Kelas II B Atambua, Wakil Ketua Bawaslu Kabupaten Belu.
Berita/Foto : Hengki Mao & Domi Bitin
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.