SMK KATOLIK KUSUMA ATAMBUA TERPILIH SEBAGAI SMK CoE

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Minggu (15/11), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan mengadakan Sosialisasi Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan SMK CoE ( Center of Excellence) bagi Kepala Sekolah dan para guru SMK Kusuma Atambua pada 13/10 lalu, kembali hadir Supervisor Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Dr. Arif Firdaus, MPD mengadakan Verifikasi/ telaah dokumen data kelengkapan Sekolah Menengah Kejuruan Katolik Kusuma Atambua untuk menjadi salah satu sekolah CoE ( Center of Excellence ) berlangsung di Aula Sekolah, Sabtu (15/11).
Supervisor Perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Direktorat Sekolah Kejuruan – Dr. Arif Firdaus, MPD mengatakan, Pihaknya datang berkunjung ke SMK Katolik Kusuma Atambua, bertujuan untuk verifikasi / telaah dokumen guna memenuhi syarat SMK Katolik Kusuma Atambua untuk menjadi salah satu sekolah Penjamin mutu sekolah menengah kejuruan yang dikembangkan menjadi pusat keunggulan Center of Excellence (CoE).
” Kami dari Perwakilan Direktorat Jenderal Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan dari Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi bidang otomotif dan elektronik Malang datang ke Kabupaten Belu terutama di SMK Kusuma Atambua ini untuk melihat dan memonitoring serta mengevaluasi kegiatan SMK Kusuma Atambua untuk menjadi SMK CoE ( Center of Excellence) dan tentunya kita pilih SMK Kusuma Atambua ini berdasarkan kompetensi kreativitas dan dedikasi sekolah ini dalam mendidik, mengembangkan bakat dan kemampuan para siswa terutama dalam tata busana yang tadi sudah diperagakan oleh siswa-siswi.
Kita lihat betul di lokasi bahwa sekolah ini sangat kreatif dalam memberi materi keterampilan kepada para siswa sehingga setelah lulus nanti mereka bisa dapat melanjutkan ke perguruan tinggi atau membuka usaha oleh karena sudah dibekali dengan potensi potensi yang hebat terutama untuk lifeskill dari para siswa tersebut dan juga para siswa bisa langsung dapat terjun ke dunia industri untuk bekerja. Saya sangat berterima kasih kepada para guru yang sudah mengabdi di SMK Katolik Kusuma Atambua dengan kemampuan dan skillnya yang sudah bersusah payah dalam mendampingi, mendidik dan membentuk para siswa untuk betul-betul mengerti dan memahami Program keahlian mereka,” ungkapnya.
Lanjutnya Semoga SMK Katolik Kusuma Atambua yang sudah menjadi SMK CoE ini dapat menggunakan bantuan dana dari pemerintah itu dengan baik, terutama dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas para siswa menjadi lebih baik dan dapat mengembangkan mutu pendidikan kejuruan di daerah perbatasan ini.
Pada kesempatan yang sama Pengawas Penjamin Mutu Sekolah Pusat keunggulan (CoE) Provinsi Nusa Tenggara Timur – Fransiskus Asisi Manehat, S.Pd mengungkapkan, Pemerintah Provinsi akan selalu mendukung dan mendampingi Sekolah kejuruan yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam mengembangkan peningkatan mutu pendidikan untuk menjadi sekolah unggulan (CoE).
” Kita sangat mendukung sekolah kejuruan yang ada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk menjadi sekolah unggulan. Di Provinsi Nusa Tenggara Timur sendiri ada lima Sekolah Kejuruan yang menjadi sekolah unggulan Central Of Excellence salah satunya yakni SMK Katolik Kusuma Atambua. Dan di SMK ini yang masuk kategori COE yakni Program Studi Akomodasi Perhotelan dan Program Studi Tata Boga, hari ini tim dari Jakarta datang kesini mengadakan verifikasi/telaah dokumen untuk menjadi sekolah pusat keunggulan CoE,” ungkapnya.
Ditambahkannya keterlibatan pemerintah provinsi sangat aktif mengarahkan sekolah-sekolah untuk mempersiapkan bukti fisik berupa dokumen-dokumen sehingga tim supervisor dari Jakarta turun ke lokasi seperti saat ini di SMK Katolik Kusuma Atambua dokumen – dokumennya sudah tersedia dengan baik dan memberi kemudahan kepada tim untuk memberi penilaian untuk memenuhi persyaratan SMK tersebut menjadi salah satu Sekolah Kejuruan Unggulan CoE.
Berita/Foto: Hengki Mao
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.