RENCANA PEMBENTUKAN BUMD PARIWISATA, BIRO EKONOMI SETDA NTT GELAR RAPAT KOORDINASI

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (12/11), Dalam rangka Pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pariwisata Provinsi NTT, Biro Ekonomi dan Kerja Sama Setda Provinsi NTT melakukan rapat Koordinasi Potensi Penyangga Pariwisata guna penyusunan dokumen analisis kelayakan usaha dan kajian kebutuhan Pemerintah Daerah di Kabupaten Belu, bertempat di Aula Lantai Satu Kantor Bupati Belu.
Penjabat Sekda Kabupaten Belu – Frans Manafe, S.Pi menyampaikan terima kasih kepada Biro Ekonomi dan Kerja Sama Setda Provinsi NTT yang memilih Kabupaten Belu sebagai salah satu sampel dalam menyusun dokumen analisis kelayakan usaha dan kajian kebutuhan terkait dengan pendirian BUMD Pariwisata di Kabupaten Belu. Penjabat Sekda mengharapkan agar semua OPD terkait dapat memberikan data dan informasi yang akurat demi kelancaran penyusunan dokumen analisi kebutuhan daerah terhadap pembentukan BUMD Pariwisata NTT.
“ Untuk itu, saya mengharapkan kepada seluruh pimpinan OPD untuk memberikan informasi dan data yang dibutuhkan sehingga tim penyusun dari Provinsi bisa merumuskannya secara baik dan benar yang tentunya berguna bagi perkembangan Pariwisata di Kabupaten Belu khususnya dan NTT pada umumnya,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Ekonomi pada Biro Perekonomian dan Kerja Sama Setda Provinsi NTT – Ernes D. Hamel, S.Pi., M.Si, meyampaikan bahwa pendirian, pembentukan dan pembinaan BUMD ini merupakan salah satu tugas yang dilakukan oleh Biro Ekonomi. Tugas ini diperintahkan langsung oleh Gubernur NTT dan akan dilakukan di beberapa Kabupaten di Provinsi NTT, salah satu sampelnya yang dipilih adalah Kabupaten Belu.
“ Oleh karena itu, kehadiran kami disini bertujuan untuk sharing pendapat dengan instansi – instansi terkait di Kabupaten Belu yang berhubungan dengan potensi pariwisata, apa saja yang menjadi bisnis dari BUMD itu sendiri sehingga memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah pada umumnya, “imbuhnya.
Lebih lanjut, Kabag Ekonomi menyebutkan pada perubahan tahun 2020 ini Tim Penyusun diminta dan atau di tahun kedua pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur ini Tim – tim penyusun sudah mampu membuat dokumen kajian kebutuhan daerah dan uji kelayakan sehingga di tahun 2021 Tim sudah masuk pada tahapan pembuatan Perdanya dan dipertengahan tahun 2021 BUMD ini sudah bisa beroperasi.
Dalam rapat ini disampaikan beberapa materi terkait Pendirian BUMD Pariwisata Provinsi NTT dan Instrumen Pengumpulan Data Studi Kelayakan dan Analisis Kebutuhan Daerah terhadap Pembentukan BUMD Pariwisata NTT oleh Kepala Bagian Ekonomi – Ernes D. Hamel, S.Pi., M. Si dan Herny Contantia, SE., M.Ak – Dosen Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, sebagai salah satu anggota Tim Pakar.
Berita / Foto: Tim Peliput
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.