KPU BELU GELAR SOSIALISASI TAHAPAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH SERENTAK TAHUN 2020

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (05/11), Menjelang Pilkada 09 Desember 2020 mendatang KPU Belu kembali menggelar Sosialisasi Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Lanjutan Tahun 2020, bertempat di Aula SSPS Atambua.
Sosialisasi di hadiri PJS Bupati Belu, Unsur Forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Belu terkait.
Plh Ketua KPU Kabupaten Belu – Drh. Herlince Asa dalam sambutannya mengatakan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka untuk pemilihan Kepala Daerah serentak selain itu juga sebagai bahan evaluasi bagi KPU dalam tahapan – tahapan menuju tanggal 9 Desember 2020 mendatang.
‘’ Tahapan – tahapan yang sudah kami lakukan yakni pemuthakiran data, Sosialisasi, Tahapan kampanye yang di mulai dari pertemuan tatap muka, Pembagian APK, dan juga debat pasangan calon yang sudah di lalui pada tahap pertama, dari kegiatan – kegiatan ini kami sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk Pemerintah sehingga kegiatan kami bisa berjalan dengan baik, kami KPUD Belu berusaha untuk selalu menjaga integritas dan berlaku seadil-adilnya dalam setiap tahapan,’’ ujar Herlince.
Dikatakannya, untuk kampanye yang di fasilitasi KPU Belu yakni debat pasangan calon yang dilaksanakan dua kali debat, debat pertama tanggal 30 Oktober 2020 yang mendapat respon cukup baik dari pengamat politik dan KPU Propinsi terkait penanyangan debat paslon, sedangkan untuk debat kedua di rencanakan akan di laksanakan pada bulan Desember 2020.
Lebih lanjut Herlince mengatakan adapun tahapan yang sangat penting yakni pengumuman daftar pemilih tetap oleh PPS, hingga saat ini daftar pemilih tetap sudah di tempel di papan informasi Kantor desa/kelurahan dan kecamatan, untuk Kabupaten Belu Daftar Pemilih Tetap (DPT) sesuai yang di tetapkan KPU per tanggal 15 Oktober sebanyak 118.005 Pemilih.
‘’ Kami sudah merekrut 2.982 petugas KPPS yang nanti akan di tempatkan di 426 TPS yang tersebar di Kabupaten Belu, dari 426 TPS terdapat satu TPS di Lapas, untuk KPPS yang sudah terbentuk akan bekerja mulai tanggal 24 November sampai dengan 23 Desember 2020, pekerjaan mereka adalah membagi undangan C6, membantu KPU berada di TPS serta menyelenggarakan pemungutan suara,” ucap Herlince Asa.
Seain itu Plh Herlice Asa juga menjelaskan per tanggal 09 Desember 2020 sampai dengan tanggal 26 Desember 2020 merupakan penghitungan dan rekapitulasi suara secara berjenjang dari tingkat TPS setelah itu rekapitulasi di tingkat kecamatan dan pleno rekapitulasi di tingkat Kabupaten.
Berita/Foto: Ria Mauk & Cransen Fontez
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.