DESA NAEKASA MASUK NOMINASI LOMBA PERPUSTAKAAN UMUM DESA/KELURAHAN TINGKAT NASIONAL

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Kamis (08/10), Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Nusa Tenggara Timur – Stefanus I. Ratoe Oedjoe membuka sekaligus mengahadiri kegiatan pembukaan Lomba Perpustakaan Umum Desa/ Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional yang di lakukan secara Daring /Virtual di Aula Kantor Desa Naekasa Kecamatan Tasifeto Barat Kabupaten Belu, didampingi Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belu- Drs. Alfredo Pires Amaral dan Kepala Desa Naekasa – Gabriel Manek.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, teks yang menyatakan 'LOMBA PERPUSTAKAAN UMUM (DESA/KELURAHAN) TERBAIK TINGKAT NASIONAL SECARA DARING AVIRTUAL DIDES MEKASA KABUPATEN TAHUN 2020 BELT PASEO'

Kegiatan Lomba Perpustakaan Umum Desa/ Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional yang di lakukan secara Daring /Virtual ini dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Perpustakaan Desa /Kelurahan yang mempunyai tugas pokok dalam melaksanakan misi, fungsi dan tugas pelayanan perpustakaan di wilayah desa/kelurahan serta untuk mengembangkan pola layanan perpustakaan bagi masyarakat di sekitar.

Desa Naekasa masuk sebagai desa terbaik dalam ajang perlombaan Perpustakaan Umum Desa /Keluarahan di Tingkat Nasional yang mewakili 20 ribu desa se-Indonesia.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Nusa Tenggara Timur – Stefanus I. Ratoe Oedjoe mengatakan Lomba Perpustakaan Umum Desa /Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional secara daring tahun 2020 ini yang dilaksanakan sesuai dengan UUD 1945, sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa secara terus menerus dan berkesinambungan. Hal ini dipertegas sesuai UU Nomor 43 Tahun 2017 tentang Perpustakaan.

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan juga menambahkan sebagai pusat penggelola dan sumber informasi bagi masyarakat , pemerintah berkewajiban untuk membangun dan mengembangkan program masyarakat desa kelurahan, hal ini sejalan dengan program revitalisasi dengan mewujudkan masyarakat gemar membaca, sehingga tercipta masyarakat yang cerdas.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih

Lomba Perpustakaan Desa /Kelurahan secara nasional ini sebagai wujud partisipasi Pemerintah Daerah dan kelembagaan Perpustakaan serta mewujudkan kegemaran masyarakat dalam membaca, dan bisa melatih masyarakat dalam berpikir, memiliki wawasan yang luas dengan memanfaatkan Perpustakaan Desa yang ada.

Dalam perlombaan tersebut juga dilakukan pemaparan atau presentasi secara virtual oleh Kepala Desa dan Pengurus Perpustakaan Desa di hadapan Tim Juri.

Sebagai informasi bahwa koleksi buku –buku yang ada di Perpustakaan Desa Naekasa kurang lebih 3.000 eksemplar buku dari berbagai sumber dengan 2 orang pengelola Perpustakaan.

Berita/Foto: Tim Peliput

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.