PELETAKAN BATU PERTAMA PENDIRIAN POLITEKNIK UNHAN DR. BENEDIKTUS MBOI, MPH

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (01/10), Setelah Ritual Adat Pembukaan Lahan (Tanah) dalam rangka Pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan dan Politeknik Universitas Pertahanan (UNHAN) pada Selasa, (29/9), Ketua Desk Pengembangan Wilayah Perbatasan RI-RDTL – Mayjen TNI Drs. Nugroho Sulistyo Budi melakukan Peletakan Batu Pertama Pendirian Politeknik Universitas Pertahanan (UNHAN) Dr. Benediktus Mboi, MPH berlokasi di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu – Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Pusat Konstruksi Kemenhan RI, Unsur Forkompinda Plus Kabupaten Belu, Anggota DPRD Kabupaten Belu, Camat Kakuluk Mesak, Kepala Desa Fatuketi, Kepala Desa Jenilu, serta Tokoh Masyarakat setempat.
Ketua Desk Pengembangan Wilayah Perbatasan RI-RDTL – Mayjen TNI Drs. Nugroho Sulistyo Budi dalam sambutannya mengatakan, Hari ini merupakan acara dimulainya pelaksanaan pengolahan lahan dalam rangka Pendirian Politeknik Universitas Pertahanan Kementerian Pertahanan RI yang dalam hal ini bersinergi bersama dengan Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Belu.
Ia menambahkan Kementerian Pertahanan sesuai bidang dan fungsinya di dalam penyelenggaraan pertahanan khususnya di Wilayah Pertahanan berusaha mengembangkan potensi sumber daya pertahanan setempat dalam hal ini di wilayah perbatasan, khususnya perbatasan RI RDTL, sehingga kita dapat mempertahankan kedaulatan wilayah dan keutuhan bangsa dan negara dari berbagai ancaman.
Lanjutnya, dalam rangka mewujudkannya, pihaknya sudah melaksanakan berbagai macam pendalaman, situasi dan kondisi untuk pengungkapan yang bermuara pada kesimpulan bahwa, kegiatan itu dilaksanakan melalui bidang pendidikan. Hal ini juga selaras dengan apa yang menjadi konsep dari Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, sumber daya manusia merupakan suatu hal yang paling mendasar dalam pengembangan di wilayah perbatasan sebagai beranda terdepan NKRI.
“Saya berharap, proses pembangunan gedung ini bisa berjalan lancar dan tepat waktu. Kami mengijinkan dibuka tahun depan. Ini target kami, dengan begitu, bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar di Lembaga itu,” ungkapnya.
Pada kesempatan tersebut, Pastor Paroki Stella Maris Atapupu – Rm. Yoris Giri, Pr menyampaikan bahwa, setelah menerima kedatangan Delegasi dari Kementerian Pertahanan RI, pihaknya mendapatkan pencerahan yang luar biasa, baik melalui diskusi maupun dialog. Karena itu, dirinya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belu yang sudah menyerahkan tanah untuk pembangunan gedung Politeknik Universitas Pertahanan Dr. Benediktus Mboi, MPH sebagai tempat bertumbuhnya anak – anak untuk dididik dan dibina.
Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kementerian Pertahanan yang sudah melihat sebuah titik terang di tengah – tengah Tanah Timor untuk mendirikan Politeknik Universitas Pertahanan Dr. Benediktus Mboi, MPH sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang merupakan bagian dari komponen pendidikan.
“Kami mengucapkan terima kadih kepada Pemerintah Kabupaten Belu maupun Kementerian Pertahanan RI karena telah bersedia mendampingi proses pembangunan gedung baru ini,” ucapnya.
Usai Pembacaan Doa dan pemberkatan lokasi oleh Pastor Paroki Stella Maris Atapupu, acara dilanjutkan dengan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Politeknik Universitas Pertahanan oleh Ketua Desk Pengembangan Wilayah Perbatasan RI – RDTL, Dandim 1605/Belu, Wakapolres Belu, Dansatgas Pamtas RI – RDTL, Calon Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH dan Calon Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus, Sp.PD serta Penyerahan Plakat dari Ditjen Strahan kepada Kakantah Kabupaten Belu.
Pembangunan Politeknik Universitas Pertahanan Dr. Benedictus Mboi, MPH dilengkapi fasilitas Pos Jaga, Gedung Utama, Lapangan Upacara, Kantor Rektorat dan Ruang Perpustakaan, Ruang Kelas, Gedung Serbaguna, Workshop, Laboratorium, Ruang Makan dan Dapur, Pengolahan Air Bersih, Tempat Pembuangan Sampah (TPS), Genzet dan Gardu PLN, Gudang Pengelolah, Mess Pegawai, Quest House, Lapangan Olahraga (Volley, Tenis, Basket, Sepak Bola), Asrama Putra dan Putri, Rumah Dinas Direktur dan Wakil Direktur Politeknik serta Rumah Dosen.
Foto/Berita: Tim Peliputan

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.