DESA FATULOTU DIDEKLARASIKAN SEBAGAI DESA SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB.BELU – Jumat (28/08), Desa Fatulotu, Kecamatan Lasiolat adalah Desa kedua yang di deklarasikan sebagai Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang merupakan Program dari Yayasan Pijar Timur Indonesia Bekerjasama dengan Yayasan Plan Internasional dan Pemerintah Kabupaten Belu, Kamis (27/08).
Pada hari yang sama, Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan mendeklarasikan Desa Fatulotu sebagai Desa STBM, dalam kesempatan tersebut juga di lakukan penyerahan piagam Desa STBM tahun 2020 oleh Wakil Bupati Belu kepada Kepala Desa Fatulotu.
Direktur Yayasan Pijar Timur Indonesia – Vincent Kiabeda mengatakan deklarasi Desa Fatulotu sebagai STBM merupakan kerjasama semua pihak dari tingkat Desa hingga Kabupaten.
Dijelaskan Vincent, Desa STBM adalah langkah awal untuk menentukan tingkat derajat kesehatan masyarakat, terdapat tiga indikator untuk kesejahteraan bagi anak yakni anak harus sehat, anak harus cerdas, anak harus di lindungi, sementara indikator untuk orang dewasa hanya dua yakni harus sehat dan harus mempunyai usaha mandiri.
” Kalau ada usaha mandiri maka syarat untuk rumah layak huni pelan-pelan kita adakan, kalau sudah mmbentuk rumah tangga tetapi tempat BAB masih pinjam ditetangga berarti kita belum sejahterah,” kata Vincent.
” Jadi khususnya bapa desa harus mulai menyiapkan bahwa pemimpin yang hebat itu pimpin orang yang sehat, cerdas dan punya usaha mandiri, jangan terbalik pimpin masyarakat yang sakit-sakit dan pemalas”, ujar Ketua Pijar Timur Indonesia.
” Kami dari Yayasan Pijar Timur dan Yayasan Plan Internasional bertekad suatu saat kita mendapatkan Pemimpin besar dari Desa Fatulotu, oleh karena itu mulai sekarang kita letakan dasar yang baik melalui kesehatannya, kalau kesehatan baik pendidikannya lancar, kalau pendidikannya tinggi ada usaha mandirinya, kalau ada usaha mandiri maka badan usaha milik desa akan berjalan,” pungkas Vincet.
Pada kesempatan ini juga di lakukan penyerahan Bantuan Sosial Tunai oleh Wakil Bupati kepada keluarga penerima manfaat.
Berita/Foto: Tim Peliput

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.