RAPAT KOORDINASI EFEKTIVITAS PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN COVID – 19 SECARA VIRTUAL

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (27/08), Menteri Dalam Negeri RI – Mohammad Tito Karnavian, memimpin rapat koordinasi efektivitas penanganan dan pengendalian Covid – 19 dan Pilkada Serentak Tahun 2020 secara virtual atau daring yang diikuti oleh seluruh Kepala Daerah se- Indonesia. Khusus di Kabupaten Belu, pejabat yang menghadiri Vidcon tersebut Penjabat Sekda Belu – Drs. Marsel Mau Meta di Ruang Bupati Belu.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk, layar dan dalam ruangan

Dalam rakor yang langsung di pimpin oleh Menteri Dalam Negeri Republik Imdonesia – Mohammad Tito Karnavian ini membahas beberapa isu yang saat ini berkembang di Indonesia, diantaranya Penanggulangan Covid–19, Pemulihan Ekonomi Nasional dan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia – Mohammad Tito Karnavian menyampaikan bahwa sebelumnya terdapat 3 topik yang sudah dibahas dalam rakor bersama Bapak Presiden RI diantaranya terkait masalah penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi Nasional dan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang dilaksanakan di masa Pandemi Covid – 19. Oleh karena itu, tiga topik ini menjadi evaluasi sekaligus persamaan perspektif dan langkah untuk kedepannya dalam Rapat Koordinasi yang dilakukan baik langsung maupun Virtual yang diikuti oleh seluruh Forkopimda Plus dan seluruh Kepala Daerah se – Indonesia.

 

Sementara itu, Menko Polhukam RI – Moh. Mahfud MD saat membuka kegiatan rakor ini mengatakan bahwa berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2020 yang membicarakan dua hal tentang Penanggulangan Covid – 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Dalam kehidupan new normal yang telah dilakukan ini tetap menjalankan dua arah dalam kehidupan yakni tetap memerangi atau menanggulangi Covid– 19 dan memulihkan secara pelan – pelan kehidupan bernegara, berbangsa, bermasyarakat dengan seluruh aspek kehidupan seperti ekonomi, agama, politik dan lainnya.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, layar dan dalam ruangan

Terkait Pemulihan Ekonomi, diperkirakan bulan September dan/atau awal Oktober akan memasuki resesi Ekonomi, resesi itu bukan krisis tetapi perhitungan matematis tentang pertumbuhan ekonomi per kuartal didalam suatu negara, jika dua kuartal berturut – turut dibawah nol artinya resesi ekonomi dilakukan.

Maka itu, untuk mengatasi hal itu, kita bekerja keras bersama – sama sehingga ekonomi itu tumbuh dan menyebabkan pertumbuhan ekonomi diatas nol dan kalau dibawah nol akan dilakukan resesi ekonomi. Menkopolhukam juga menyebutkan ada 5 program satuan tugas PEN yakni Indonesia Aman, Indonesia Sehat, Indonesia Berdaya, Indonesia Tumbuh dan Indonesia Bekerja.

Lanjutnya, Pilkada Serentak Tahun 2020, Menkopolhukam menyampaikan pemilihan kepala daerah serentak ini akan tetap dilaksanakan pada tanggal 9 Desember mendatang dalam masa pandemi Covid – 19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga tidak berdampak bagi rakyat sebagai pemilih yang menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi, pesta rakyat secara aman, tertib dan lancar.

Berita / Foto: Norci Man & Kransen Fontes

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.