BUPATI BELU SEBAGAI IRUP HUT RI KE- 75 TINGKAT KABUPATEN BELU

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU-Senin (17/08), Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75 Tingkat Kabupaten Belu di laksanakan di halaman Kantor Bupati Belu, bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Belu-Willybrodus Lay, SH.
Peringatan HUT RI ke-75 Tahun 2020 ini berlangsung berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana peserta upacara dan petugas pengibar bendera hanya terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan. Meski demikian upacara tetap berjalan aman dan lancar.
Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH dalam sambutannya mengatakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 yang kita cintai bersama, sebagai perwujudan rasa syukur, mari kita semua mendoakan semoga para pahlawan kusuma bangsa mendapat tempat terpuji di sisi Allah di Surga. Dan semangat kepahlawanannya kita tanamkan dalam jiwa raga kita untuk membangun Negeri tercinta ini.
“Kita semua menyadari bahwa cita-cita kemerdekaan mewujudkan Indonesia yang rakyatnya sejahtera bahagia berkelanjutan memerlukan perjuangan dan pengorbanan secara terus menerus demi Indonesia yang maju menuju sejahtera mengharuskan seluruh Rakyatnya terdidik, cerdas, sehat, terampil dan produktif sehingga tercipta SDM yang unggul dan terampil. Untuk itulah pada peringatan HUT ke-75 Pemerintah RI mengambil tema “Indonesia Maju” bersatu melangkah maju menuju kesejahteraan bersama, hanya dengan kerja maka kita akan melangkah maju dapat meraih masa depan nan jaya,” ucapnya.
“Semangat inilah yang saya harapkan tertanam dalam jiwa seluruh Masyarakat Belu dan mempraktekkannya mulai dari diri sendiri, keluarga, rukun tetangga, rukun warga, kampung, desa, kecamatan, sekolah, kantor dan perusahaan, sehingga seluruh kekuatan yang ada di Kabupaten Belu ini bekerja bersama, bersatu melangkah maju. Kita semua percaya bila seluruh lembaga dan desa maju maka belu akan maju, bila seluruh Kabupaten dan Kota maju maka sebuah provinsi akan maju selanjutnya bila seluruh provinsi maju maka Negeri kita akan maju,” ungkapnya.
Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Belu juga saat ini telah menempatkan fokus pembangunan kepada sektor pariwisata dan kebudayaan. Terdapat beberapa objek wisata baru unggulan yang dipersiapkan untuk mendukung program Ring of Beauty Provinsi NTT antara lain wisata alam dan budaya, serta wisata rohani yang masih membutukan penataan lebih lanjut guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Peningkatan kualitas SDM untuk menjawab pasar tenaga kerja dilakukan melalui pelatihan usaha kecil dan menengah, pelatihan tenun ikat, pelatihan pencelupan benang, pelatihan meubeler, pelatihan kelompok nelayan, pelatihan keterampilan petani, pelatihan pengolahan sampah pelastik, pelatihan peningkatan kapasitas aparatur kabupaten/desa.
Kondisi infrastruktur jalan di Kabupaten Belu sampai dengan akhir Tahun 2018 ini telah mengalami peningkatan yang signifikan. Dalam hal pengendalian terhadap kelangkaan air bersih/air minum hingga saat ini atas kerjasama dengan Kementerian PUPR melalui balai Pemukiman dan Prasarana wilayah NTT telah dibangun SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Weoe, SPAM Wekiar, SPAM Wefiar dan SPAM Molos Oan. Namun keberadaan SPAM terbangun belum bisa memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Belu, hal ini dikarenakan debit air yang tersedia masih kurang dan cenderung menurun terutama di musim kemarau, sehingga sebagai langkah alternatif terutama di musim kemarau diupayakan untuk menggunankan permukaan yang bersumber dari sungai dan bendungan.
Sebagaimana yang kita alami saat ini pendemi Covid-19 tentunya sangat berpengaruh terhadap semua sektor terutama dalam sektor ekonomi. Untuk itu Pemkab Belu telah melakukan beberapa kegiatan dalam upaya pemulihan dampak ekonomi masyarakat salah satunya berupa pemberian Bantuan Langsung Tunasi (BLT), Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS), Bantuan Sosial Tunai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan non DTKS, dan bantuan pangan non tunai /sembako.
Pemkab Belu juga memfasilitasi pemberian rapid test secara gratis bagi mahasiswa/i dan calon mahasiswa/i yang ingin melakukan perjalanan keluar daerah sampai dengan tanggal 12 Agustus 2020 sebanyak 33 mahasiswa/i yang telah terlayani untuk melakukan rapid test.
“Untuk itu Saya mengajak masyarakat Kabupaten Belu dengan penuh semangat mari kita wujudkan kemajuan Belu, kalianlah para Patriot Rai Belu. Majulah terus kerahkanlah seluruh daya upaya, mari bahu membahu saling manghargai, terus mencari terobosan. Dan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara, TNI dan POLRI teruslah bekerja menjadi pelindung, pelayan, pemberdaya dan pencerah rakyat khususnya masyarakat Kabupaten Belu.
Sebagai informasi petugas pada peringatan HUT RI ke-75 tahun 2020 yakni Perwira Upacara AKP. I Nengah Suta Winaya, SH, Komandan Upacara Lettu Infantri Subhan Hamran dan bertugas sebagai pengibar bendera yakni Dwi Sartika Sari, Armando Dasilva dan Jason Umbu Parawi Magho Naga.
Berita/Foto: Tim Peliput

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.