RAKOR SENSUS PENDUDUK LANJUTAN 2020 TINGKAT KABUPATEN BELU

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU- Rabu (22/07), Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan membuka secara resmi Rapat Koordinsi Kabupaten Sensus Penduduk Lanjutan bulan September 2020, berlangsung di Aula Lantai Satu Kantor Bupati Belu.
Wakil Bupati Belu dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Kegiatan Sensus Penduduk di Tahun 2020 ini sangat panting dan keterlibatan kita semua merupakan kunci kesuksesan di wilayah Kabupaten Belu ini.
” Hadirin yang saya hormati berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaraan Statistik serta Rekomendasi PBB mengenai Sensus Penduduk Perumahan Tahun 2020, Badan Pusat Statistik akan melaksanakan sensus penduduk,” ungkap Wakil Bupati Belu.
” Sensus penduduk tahun 2020 ini merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan setiap penduduk di seluruh Indonesia yang ke 7, sejak tahun 1961 yang bertujuan untuk menyediakan data, jumlah, komposisi persebaran karateristik penduduk Indonesia sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah,” ucpanya.
Sensus penduduk tahun 2020 Badan Pusat Statistik menggunakan metode kombinasi yaitu memanfaatkan data atministrasi kependudukan. Dan dari Direktorat Jenderal dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sebagai data dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap dan memanfaatkan berbagai jenis pengumpulan data.
Inovasi ini dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kesulitan yang terjadi selama 10 tahun terakhir. Sensus penduduk tahun 2020 secara online telah dilaksanakan sejak tanggal 15 February sampai dengan tanggal 29 Mei 2020 dan sebanyak 15,45 persen penduduk kabupaten Belu sudah terdata.
Selanjutnya ungkap Wakil Bupati Belu, pada bulan September tahun 2020 akan dilaksanakan kegiatan sensus penduduk bagi penduduk yang belum terdata Sensus secara offline serta pengecekan ulang data terhadap keluarga yang telah melakukan sensus online.
“Saudara – saudara peserta rapat yang berbahagia kegiatan sensus 2020 ini sangat penting. Oleh karena peran serta kita semua merupakan kunci kesuksesan sensus penduduk di wilayah kita ini. Seperti yang telah saya kemukakan sebelumnya, hasil Sensus Penduduk ini akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan. Dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, pendidikan yang ditamatkan, maka pemerintah baik Pusat maupun Daerah bisa memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah. Setelah berhasil Sensus Penduduk 2020 ini keluar, hasil tersebut dapat digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan didalam menentukan kebijakan serta keputusan yang lebih cepat, lebih tepat sasaran untuk diimplementasikan kepada masyarakat. Misalkan untuk menentukan apabila wilayah tersebut perlu membangun atau menambah fasilitas publik (sekolah, rumah sakit), infrastruktur (jalan, jembatan), dll.
” Oleh karena itu untuk mendapatkan data kependudukan yang strategis dalam penyusunan perencanaan dan evaluasi pembangunan maka saya himbau kepada hadirin sekalian untuk membantu serta mendukung BPS dalam mensukseskan kegiatan Sensus Penduduk September 2020. Saya minta agar Bpk/ibu sekalian menjalin komunikasi serta koordinasi yang aktif dengan BPS agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik,” kata Wabup.
Wakil Bupati Belu berharap agar semua pihak berperan aktif dalam mensukseskan sensus Penduduk ini.
” Harapan saya agar kita semua dapat berpartisipasi secara aktif dan mendukung sepenuhnya kegiatan Sensus Penduduk tahun 2020 demi kemajuan Negara kita Indonesia.
Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Belu – Yustinus Siga, A. St. mengungkapkan kegiatan yang diselenggarakan hari ini merupakan rapat koordinasi BPS bersama Pemerintah Kabupaten Belu dalam rangka pelaksanaan sensus penduduk yang akan berakhir pada bulan September tahun 2020.
” Kita akan melaksanakan sensus penduduk tahap terakhir pada bulan September yang akan datang, hari ini kami menghimbau para pimpinan organisasi perangkat daerah yang ada di daerah ini untuk bersama dan melibatkan semua unsur masyarakat untuk berperan aktif dalam menyukseskan sensus penduduk di Kabupaten Belu,” Ungkap Kepala BPS Belu.
Dirinya berharap agar keterlibatan Pemerintah Daerah terutama para Camat, para Kepala Desa dan RT/RW turut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan sensus penduduk ini oleh karena merekalah yang mengenal dekat dengan anggota masyarakat yang ada di lapangan untuk memverifikasi data hasil sensus penduduk online dan kemudian penduduk – penduduk mana saja yang belum masuk dalam sensus penduduk online untuk kami lanjutkan dalam pendaftaran penduduk secara offline.
Peserta yang hadir dalam rapat koordinasi ini para Camat dan Lurah, beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Belu.
Berita/Foto: Tim Peliput

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.