WABUP BELU HADIRI RATAS KPU BELU, BAHAS TAHAPAN LANJUTAN PILKADA SERENTAK

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis, (11/06) Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan hadiri Rapat Koordinasi Terbatas membahas persiapan pelaksanaan lanjutan tahapan pemilihan serentak Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020, bertempat di Ruang Rapat KPU Kab. Belu. Hadir pada pada ratas KPU ini, Ketua dan anggota KPU Kab. Belu, Ketua Bawaslu Kab. Belu, Perwakilan Dandim 1605/Belu, Perwakilan Kapolres Belu, Kasat Pol. PP Kab. Belu, Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kab. Belu, serta Perwakilan dari Kesbangpol Kab. Belu.
Rapat Koordinasi terbatas persiapan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 yang rencananya akan digelar pada 09 Desember nanti, bagi Daerah yang akan turut serta pada pelaksanaan pilkada serentak di Indonesia makan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat pada setiap tahapannya guna mencegah penularan Covid – 19.
Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan mengatakan dengan adanya ketentuan tatanan normal atau new normal yang bebas Covid – 19 akan ada banyak hal yang akan di koordinasikan dan disosialisasikan kepada masyarakat untuk menyukseskan Pilkada serentak Tahun 2020.
“ Tentunya rapat ini dilaksanakan untuk bagaimana melakukan persiapan – persiapan menjelang Pilkada serentak karena jadwal pemilihan secara hukum sudah ditetapkan pada tanggal 09 Desember mendatang dengan ketentuan jika terdapat peningkatan Pasien terpapar virus corona maka Pilkada bisa saja ditunda,” ujar Wabup Ose Luan, usai rapat koordinasi terbatas.
Wabup juga menambahkan terkait dengan penyesuaian jumlah TPS, tambahan pengadaan Alat Kesehatan dan Alat Perlindung Diri (APD) yang nantinya wajib disediakan pada penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Belu akan melakukan Rapat Khusus dengan tim gugus tugas khusus Dinas Kesehatan untuk mengupayakan apa – apa saja yang akan dilakukan sehingga penyelenggaraan Pilkada serentak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
“ Sebenarnya ini langkah – langkah antisipasi dan pencegahan untuk bagaimana pengendalian dan pencegahan Covid -19. Dan dengan menerapkan protokol Covid – 19 saya kira pelaksanaan Pilkada 9 Desember dapat berjalan dengan baik,” imbuhnya.
Ketua KPU Kabupaten Belu – Mikhael Nahak, S.Sos menjelaskan bahwa setelah adanya penundaan tahapan pilkada lanjutan, saat ini KPU kembali mengadakan rapat koordinasi terbatas yang membahas berbagai persiapan – persiapan dalam rangka pelaksanaan tahapan lanjutan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020, yang akan dilaksanakan dalam situasi pandemi COVID – 19.
“ Untuk sementara, terkait tahapan lanjutan pihak KPU masih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tahapan Pilkada serentak tahun 2020, dan seandainya PKPU keluarnya tanggal 15 Juni ini kita akan melakukan tahapan lanjutan dan sebaliknya kita akan sesuaikan hal itu,” tandas Ketua KPU Belu.
Terkait berbagai persiapan teknis, Ketua KPU meyebutkan pihak KPU sementara merestrukturisasi anggaran, mencermati kembali RKB dan rapat koordinasi awal dan selanjutnya pemeriksaan kesehatan bagi petugas baik di Desa, Kecamatan maupun Kabupaten, sehingga saat tahapan dibuka semua petugas sudah dalam kondisi siap, sehat dan bisa melakukan tahapan selanjutnya.
“ Pastinya semua tahapan kita lakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid- 19 untuk mengantisipasi dan mencegah tertularnya virus corona,” tutup Ketua KPU Belu.
Dari pantauan seluruh peserta rapat tetap taat mengikuti Protokol Kesehatan Covid – 19 secara ketat.
Berita/Foto : Norci Man & Cransen Fontes

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.