PATER PROVINSIAL SVD TIMOR PIMPIN MISA PEMBUKAAN TAHUN YUBILLIUM STMK KATOLIK ST. YOSEF NENUK

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat ( 31/1 ), Pater Provinsial SVD Timor – Pater Yustinus Didinus Nai, SVD didampingi Imam Konselebrans memimpin perayaan Misa Pembukaan Tahun Yubillium STMK Katolik ST. Yosef Nenuk dengan tema “Menuju Milenium Baru”, bertempat di Aula STMK Katolik ST. Yosef Nenuk, Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Barat, Kamis (30/1).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah STMK ST. Yosef Nenuk – Pater Petrus Dile Bataona, SVD, Bupati Belu yang diwakili PLH. Setda Belu – Drs. Marsel Mau Meta, Para Bruder, Suster, Guru Komite, Sivitas Akademika STMK ST. Yosef Nenuk, para Alumni Angkatan IX, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.

Pembukaan Tahun Yubillium ini, dimeriahkan oleh koor yang dibawakan oleh siswa – siswi STMK Katolik ST. Yosef Nenuk asuhan Bruder Niko Seran dan Ibu Maria Goreti.

Usai perayaan misa, Pater Provinsial SVD Timor kepada media mengatakan, Pembukaan Tahun Yubillium atau tahun rahmat ini akan segera memasuki usianya yang ke – 50 tahun yang mana puncaknya akan dirayakan pada tanggal 20 Oktober 2020 mendatang. Misa hari ini, juga menandai pembukaan satu tahun berjalannya lembaga ini, sehingga moment ini hendaknya dimaknai sebagai tahun refleksi untuk mengenang kembali perjalanan selama 50 tahun dengan melihat kenyataan yang ada dan bagaimana kita berusaha untuk membangun kembali masa depan lembaga ini.

Terkait mutu pendidikan, Pater Yustinus menekankan tiga point penting yang harus dilakukan lembaga ini agar bisa mengembangkan kreativitas, bakat dan kemampuan siswa. Ketiga point tersebut, yakni Mindset yang berhubungan dengan kepala dan otak, Heart Set yang berhubungan dengan hati dan karakter dan Skill Set yang berhubungan dengan keterampilan. Ia berharap, perlu memperhatikan Visi dan Misi pendidikan lembaga ini, sehingga ke depan bisa berkembang dengan baik. Untuk itu, kita dituntut untuk mengambil langkah – langkah perubahan karena tujuan dari pendidikan bukan untuk lembaga ini, tetapi yang lebih penting adalah pelayanan kita terhadap anak – anak didik.

“ Moment Ini tidak terjadi begitu saja, tetapi sekali lagi ini moment rahmat. Kalau tidak, perayaan puncak nanti tidak ada makna. Sekali lagi seluruh Stakeholder, Sivitas Akademika mari kita sama – sama melihat kembali ke belakang, mensyukuri apa yang telah dialami dan diterima lembaga ini, karena ini semua kita yakini sebagai anugerah dan berkat dari Tuhan sampai bisa memasuki usia yang ke – 50 tahun ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Aryos STMK Katolik ST. Yosef Nenuk – Pater Yustus Asa, SVD menyebut, Perayaan Tahun Yubilium tahun ini sebagai pembukaan seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka merayakan pesta 50 tahun berdirinya STMK Katolik ST. Yosef Nenuk. Karena itu, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan sehingga seluruh proses baik dari awal hingga berakhirnya kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Pater berharap, para guru dan siswa harus terus belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan bila kelak ingin menjadi orang sukses.

“ Hanya dengan kerja keras dan belajar yang rajin, para guru dan siswa dapat meraih hasil yang maksimal demi nama besar lembaga pendidikan yang kita cintai ini,” harapnya.

Untuk diketahui, STMK Katolik ST. Yosef Nenuk dibangun sejak tahun 1970. Dan hingga saat ini lembaga yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Katolik Aryos ini telah memiliki 5 jurusan, yakni Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Kendaraan Ringan, Desain Permodelan Informasi Bangunan, Bisnis Kontruksi Properti dan Teknik Komputer Jaringan dengan jumlah siswa sebanyak 300 orang.

Foto/berita: Cransen Fontes, Jhon Dasilva & Frans Leki

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.