JONI “SELAMATKAN” UPACARA PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI RI KE-73 DI TAPAL BATAS

Facebookrssyoutube

Pelaksanaan Upacara dalam rangka HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Jumat (17/08/2018) di tapal batas Negara Kesatuan Republik Indonesia dan negara Republik Demokratik Timor Leste dilaksanakanan di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu. Dan bertindak selaku inspektur upacara Wakil Bupati (Wabup) Belu, Drs. JT Ose Luan.

Upacara yang semulanya berjalan khidmat berubah dramatis karena tali pengait bendera merah putih putus, akan tetapi hal itu tidak berlangsung lama karena secara spontanitas ada upaya heroik dari salah seorang pelajar SMPN Silawan, Yohanes Andigala atau Joni yang nekat memanjat tiang bendera untuk mengambil tali yang telah putus. Upaya tersebut membuahkan hasil yang mana Joni berhasil membawa turun tali yang kemudian di ikatkan pada bendera merah putih.

Salah seorang warga Belu yang hadir pada upacara tersebut, Jansen Bau, menuturkan “saat kejadian itu semua peserta upacara panik. Pasalnya, saat itu petugas pengibar bendera sudah siap melaksanakan tugas pengibaran bendera. Namun saat bendera merah putih hendak dibentangkan, tali yang akan menaikkan bendera putus” ucapnya.

(Aksi Nekat Joni dan Wabup Belu memanggilnya untuk mengikuit upacara di samping Wabup)

 Upacara kemudian dilanjutkan dengan khidmat dan lancar  hingga selesai. Namun terkait aksi nekat pelajar tersebut akhirnya menjadi perhatian publik serta viral di media sosial (medsos) yang akhirnya pemerintah daerah maupun pemerintah pusat memberikan aprsesiasi atas sikap dan keberanian pelajar Joni bahkan bapak presiden RI mengundang Joni ke Jakarta untuk bertatap muka.

(redaksi, FRB)

Foto : Dok.Pos Kupang

Facebookmail

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com